Mau Jadi Polisi? Segera Daftar Sebelum Tanggal 12 April

Karo SDM Polda NTB Kombes Pol. Eka Satria Bhakti, SIK
Karo SDM Polda NTB Kombes Pol. Eka Satria Bhakti, SIK

Mataram – Proses pendaftaran rekrutmen Polri tahun anggaran 2018 masih berlangsung. Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda NTB Kombes Pol. Eka Satria Bhakti, SIK mengimbau kepada para pelajar yang berminat menjadi anggota Polri untuk segera melakukan pendaftaran online sebelum tanggal 12 April.

“Pendaftaran masih dibuka sampai tanggal 12 April, namun daftar onlinenya harus dilaksanakan sebelum tanggal 12, karena setelah daftar online para calon anggota Polri masih harus melakukan verifikasi berkas-berkas administrasi,” ujar Kombes Pol. Eka saat mengawasi proses verifikasi, Selasa (3/4) di Gedung Sasana Darma Polda NTB.

Karo SDM menjelaskan bahwa rekrutmen Polri dilaksanakan secera serentak di seluruh Polda se-Indonesia. Hal itu dimaksudkan agar tahapan seleksi dapat terselenggara dengan bersih dan transparan.

“Jadi semua terjadwal dengan serentak, tidak akan ada kebocoran atau saling tukar informasi antar daerah karena semua tahapan seeksi dilakukan secara bersamaan,” jelasnya.

Dijelaskan Karo SDM, tahapan seleksi yang dimaksud, dimulai dari pemeriksaan psikologi tahap pertama, pemeriksaan kesehatan tahap pertama, tes kesamaptaan jasmani, ujian akademik, pemeriksaan psikologi tahap kedua, pendalaman mental dan kepribadian, pemeriksaan kesehatan kedua.

“Khusus bagi pendaftar Bintara dengan kompetensi khusus akan akan ada seleksi tambahan sesuai jalur yang mereka pilih baik itu teknologi informasi, music, kimia, pelayaran/perkapalan dan penerbangan,” imbuhnya.

Bagi para calon taruna/taruni (catar) Akpol, Karo SDM menjelaskan bahwa terdapat dua rangkaian seleksi. Setelah berhasil melalui setiap tahapan seleksi tingkat daerah, para catar akan bersaing kembali di tingkat pusat secara nasional yang bertempat di Akpol, Semarang.

Ayo, yang punya cita-cita jadi Polisi, segera daftar.

Penulis : Ginandra

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close