Umat Kristiani di Lotim Lakukan Ibadah Dengan Tentram

ilustrasi pengamanan gereja

Selong –  Paskah tahun ini dirayakan juga oleh Ummat Kristiani yang tinggal di Kabupaten Lombok Timur Sekitar pukul 09.00 WITA pagi, Jum’at (30/3) kemarin, puluhan ummat Kristiani mendatangi Gereja Bait Allah yang berlokasi di Komplek Polres Lombok Timur untuk melaksanakan ibadah Sakramen Perjamuan Jum’at Agung.
Ibadah yang dihadiri sekitar 50 jemaat ini berlangsung khidmat dengan mengambil tema “Mengapa Sulit Mengampuni”. Proses ibadah dipimpin Pendeta David D. Dewu.

Iptu I Made Tista Selaku Kasubbag Humas mengungkapkan; Kegiatan Ibadah yang dilakukan oleh Ummat Kristiani dikawal ketat oleh Personel Polres Lombok Timur, hal ini perlu dilakukan, selain untuk melakukan pengamanan, juga untuk membuktikan bahwa di Negara Kesatuan Republik Indonesia, Tidak ada Kaum Minoritas yang tertindas, kita memiliki hak yang sama kita ini Negara Hukum, maka kita semua sama di mata Hukum.

Dalam khotbah perayaan Paskah di Gereja Bait Allah Komplek Polres Lombok Timur kali ini, dijelaskan bahwa perjamuan kudus merupakan perintah Yesus Kristus bagi ummat Kristiani. Di mana diterangkan bahwa, setiap orang yang telah mengaku mengimani Yesus Kristus dan telah diteguhkan sebagai warga sidi jemaat, wajib menghadiri perjamuan kudus.

Roti dan anggur dalam cawan yang selalu ada dalam perjamuan merupakan lambang tubuh dan darah Yesus yang telah diserahkan sebagai korban tebusan untuk memulihkan hubungan manusia dengan Allah yang terputus karena dosa.
Melalui Perjamuan Kudus ini, lanjutnya, ummat Kristiani dipersatukan Yesus Kristus di dalam kematan dan kebangkitan-Nya. Dengan demikian, persekutuan Tuhan Yesus dengan para murid pada perjamuan malam terakhir akan terus berlangsung sampai penggenapannya di dalam kerajaan Allah. Di mana, ummat akan duduk bersama Kristus di perjamuan-Nya.

Kegiatan yang berlangsung hingga pukul 11.00 WITA tersebut berjalan dengan penuh kekhusyu’an dengan tak lupa menyanyikan senandung-senandung ibadah. Sebelum akhirnya, jemaat menerima roti Paskah yang diawali dengan pengakuan iman menurut Pengakuan Iman Nicea Konstantinopel.

Iptu I Made Tista Selaku Kasubbag Humas Polres Lotim, memberika Apresiasi yang sangat tinggi kepada Warga Kabupaten Lombok Timur karena selama pelaksanaan Ibadah yang dilakukan Ummat Kristiani, berjalan dengan aman dan lancar, Sikap Toleransi seperti ini perlu ditingkatkan, Toleransi dalam Ummat Beragama sangatlah penting dalam kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

Penulis : Syarif

Editor   : Azwin

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close