Papuq Jobek, Perempuan Tua Renta Yang Hidup “Ngontrak” Di Kandang Bebek

BRIPKA Beny saat Menjenguk Papuk Jobek
BRIPKA Beny saat Menjenguk Papuk Jobek

Praya – hidup sebatang kara tanpa kerabat atau sanak famili yang tersisa, membuat seorang perempuan renta sebatang kara terpaksa menghabiskan masa tuanya dengan “Ngontrak” di sebuah kandang bebek milik seorang warga.

Di sebuah gubuk yang bahkan tak pantas lagi disebut gubuk karena memiliki ukuran 1,5 m x 1,5 m dan bersebelahan dengan sebuah kandang bebek adalah tempat Papuk Jobek (87), panggilan akrab yang warga Kampung Telaga, Kelurahan Prapen, Kabupaten Lombok Tengah berikan ini menghabiskan hidupnya. Tak sampai disana, penderitaan Papuk Jobek serasa bertumpuk mengingat fisik yang sudah tak semuda dulu bahkan kabarnya beliau sekarang sedang menderita sakit Lumpuh membuatnya hanya bisa menunggu belas kasih orang lain untuk bisa bertahan di tengah kerasnya hidup.

Beruntung kisah pilunya dapat teredengar dan cepat mendapat respon dari Bhabinkamtibmas dan Perangkat Kelurahan Prapen, Senin (02/04).

“untuk sementara ya kami hanya bisa membantu sebatas santunan sembako untuk kehidupan sehari-harinya, perihal memberikan penghidupan yang layak sedang saya bersama pemerintah setempat usahakan karena membutuhkan beberapa proses,” Tutur BRIPKA Moh. Dwi Beny Julianto.

Ia juga menambahkan, sebagai hasil dari koordinasinya dengan pemerintah kelurahan muncul dua opsi dalam memecahkan permasalahan Papuk Jobek. Opsi pertama Papuk Jobek akan dibangunkan sebuah rumah namun harus ada yang bersedia mengurusinya hingga akhir hayat. Opsi lainnya Papuk Jobek akan dititipkan ke sebuah Panti Jompo.

“opsi manapun yang akan digunakan ini tergantung dari kesepakatan kerabatnya yang paling dekat, jika sanggup mengurus Papuk Jobek di sisa hayatnya kami akan mengusahakan opsi pertama,” pungkasnya.

Penulis: Rozian

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close