Kini Pengesahan STNK Gratis !!

Pemilik kendaraan roda dua maupun roda empat semakin dimudahkan pemerintah. Pasalnya kini biaya pengesahan STNK digratiskan. Sebelumnya pengesahan tersebut dibayar. Tentunya ini menjadi khabar gembira, karena pengurusan kendaraan bermotor menjadi semakin ringan.

Kasat Lantas Polres Sumbawa, AKP Gusriyadi Abustan belum lama ini mengatakan, tidak ada pungutan pengesahan STNK ini mulai berlaku sejak 24 Maret lalu. Hal ini berdasarkan putusan Mahkamah Agung RI No. 12P/Hum 2017 tertanggal 14 Juli 2017. Putusan MA ini membatalkan biaya administrasi pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang diatur dalam lampiran No E Angka 1 dan 2 Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang Berlaku pada Kepolisian Negara. Sebelumnya pungutan biaya pengesahan STNK untuk kendaraan roda dua Rp 50 ribu dan roda empat Rp 100 ribu.

Dihapuskannya biaya pengesahan STNK ini berlaku untuk seluruh Indonesia. Karena itu Ia telah mengingatkan anggotanya yang berkaitan dengan pelayanan tersebut untuk tidak lagi memungut biaya mengesahan STNK. Jika masih dilakukan, maka anggota bersangkutan dapat dikenakan sanksi. Demikian juga kepada masyarakat diharapkan segera melapor jika masih ada anggota yang melakukan pungutan.

Di bagian lain AKP Gusriyadi menyampaikan khabar gembira lainnya. Untuk perpanjangan pengganti STNK lima tahun sudah bisa dilakukan secara online. Perpanjangan ini bisa dilakukan di mana saja khususnya di wilayah NTB. “Misalnya pemilik kendaraan yang tinggal di Sumbawa bisa mengurus perpanjangan STNK nya di kabupaten/kota lainnya di wilayah NTB. Tidak seperti sebelumnya perpanjangan STNK ini harus dilakukan di daerah asal pemilik kendaraan. Ini adalah inovasi dari Dirlantas Polda NTB. Jadi segera manfaatkan kemudahan ini,” pungkasnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close