Penemuan Bangkai Ikan Paus Gegerkan Warga Jerowaru

Jerowaru – Warga Jerowaru digegerkan dengan penemuan Ikan paus sepanjang 9 meter yang  terdampar dalam kondisi mati di Pantai Kobra (Gili Lebur) Desa Kwang Rundung Kecamatan Jerowaru Lombok Timur, Rabu (28/03) pagi.

Ikan paus tersebut dalam kondisi busuk dan mengeluarkan bau yang sangat menyengat. Peristiwa tersebut menjadi tontonan banyak warga sekitar. Spesies Ikan yang tergolong besar tersebut terdampar di tengah laut sekitar 500 meter dari pesisir pantai, karena saat itu air laut tengah surut.

Saat air pasang, paus tersebut terbawa terseret ke pinggir pantai. Masyarakat semakin ramai mendatang pantai tersebut guna melihat secara langsung ikan berukuran raksasa tersebut. Tak lupa masyarakat mendokumentasikan peristiwa tersebut dengan kamera ponsel mereka.

Kapolres Lotim, AKBP M. Eka Fathurrahman, mengatakan keesokan harinya pada Kamis (29/03), polisi dan juga Tim Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSDL) mendatangi lokasi guna memeriksa paus tersebut.

Menurut Hasil pemeriksaan, paus tersebut sudah mati lebih dari seminggu, dan penyebab kematian belum bisa dipastikan karena harus melakukan uji laboratorium,” ujarnya.

Perkiraan sementara paus tersebut mati karena usia, sakit atau terpisah dari kloninya. Paus tersebut merupakan paus jantan dengan bobot sekitar 9 ton. Usianya sekiatr 30 tahun.

“Kondisinya sudah membusuk. Ekor, sirip dan gigi sudah diambil warga. Untuk memastikan tidak adanya virus, tim menguburkan bangkai paus tersebut,” pungkasnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close