Peluang Jadi Polisi Makin Besar, Tiga Kompetensi Khusus Baru Dibuka

Kasubbag Seleksi Biro SDM Polda NTB Kompol Dwi Sumbrahadi, SH, SIK, MH
Kasubbag Seleksi Biro SDM Polda NTB Kompol Dwi Sumrahadi, SH, SIK, MH

Mataram – Peluang untuk dapat meniti karier di lingkungan kepolisian kini makin terbuka lebar. Putra-putri terbaik bangsa di seluruh Indonesia berkesempatan mencoba jalur Bintara Kompetensi Khusus.

Ditemui di ruang kerjanya pagi tadi, Senin (26/3) Kepala Sub Bagian Seleksi Biro SDM Polda NTB Kompol Dwi Sumrahadi, SH, SIK, MH mengkonfirmasi, penerimaan anggota Polri jalur Bintara Kompetensi Khusus kini terdapat tiga kompetensi baru yang dicari.

“Tahun lalu yang dicari hanya calon polisi berkompetensi teknologi informasi dan musik, tahun ini ada pelayaran atau perkapalan, penerbangan dan kimia, total ada lima kompetensi khusus,” ujar Kompol Dwi.

“Peluang jadi lebih besar, quota juga ada penambahan walau tidak banyak,” tambahnya.

Perwira Polisi berpangkat melati satu itu menjelaskan, kompetensi yang dicari melalui jalur pelayaran/perkapalan yakni jurusan nautika dan teknika, sedangkan untuk penerbangan yakni para siswa lulusan SMK Penerbangan yang nantinya akan ditugaskan sebagai petugas pemeliharan dan perbaikan airframe (kerangka pesawat udara) dan permesinan.

Dia menambahkan, Bintara Kompetensi Khusus yang memilih jalur kompetensi kimia harus memiliki sertifikat sebagai kimia analisis, kimia industri atau analis penguji laboratorium.

“Untuk jalur teknologi informasi dan musik tahun ini hanya dapat diikuti oleh siswa lulusan SMK atau SMM (Sekolah Menengah Musik),” ujarnya.

Sebagai tahap awal, mulai hari ini, seluruh siswa lulusan SMA/Sederajat dapat mengakses situs http://penerimaan.polri.go.id untuk melakukan proses pendaftaran online yang akan berlangsung selama 17 hari.

Penulis : Ginandra

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close