Pelaku Pembalakan Hutan Gerus Kerasnya Aspal Sebelum Terciduk

21 Maret, 2018
37 Views
Situasi Evakuasi Pelaku yang Kecelakaan dan Barang Bukti

Situasi Evakuasi Pelaku yang Kecelakaan dan Barang Bukti (20/03)

Praya – HZ (32) harus menerima kepalanya berbalut perban setelah mencicipi kerasnya aspal di Jalan Raya Mantang – Sweta Tepatnya di Dusun Dasan Cermen, Desa Aik Darek, Kecamatan Batukliang ketika hendak kabur dari kejaran petugas kepolisian menggunakan kendaraan Pick Up miliknya, Selasa (20/08).

Pengejaran ini dilakukan ketika HZ yang saat itu bersama temannya MZ (32) menolak untuk diperiksa petugas. Gabungan Aparat Kepolisian Resor Lombok Tengah (Polres loteng) dan Polisi Hutan dibawah pimpinan Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat reskrim) AKP Rafles P Girsang SIK memang sedari awal sudah mulai curiga dengan muatan yang ada di mobil pick up.

“kami mendapat informasi dari masyarakat akan adanya pelaku pembalakan liar yang akan melintas di jalan raya mantang, saya dibantu para anggota dan polisi hutan melakukan serangkaian operasi untuk menguji kebenaran laporan yang saya terima,” ungkap Kapolres Loteng melalui AKP Rafles.

Tak membutuhkan waktu yang lama, tepat sekitar pukul 05.25 Wita kendaraan yang digunakan HZ dan MZ melintas dengan tampilan yang tak wajar. Seonggok pisang yang masih hijau dan menindih sesuatu yang ditutupi selembaran kain terpal. Sebenarnya petugas sempat memberhentikan pelaku, tapi tentu saja mengetahui dirinya dalam incaran petugas kedua pelaku memacu kendaraannya hinga kecepatan maksimal sampai akhirnya tergelincir di jalan raya Mantang.

“di tempat kecelakaan kami hanya mengamankan barang bukti berupa mobil pick up, 40 batang kayu mahoni hasil pembalakan dan HZ dalam keadaan terluka dibagian kepala. Satu pelaku berhasil melarikan diri sebelum kami amankan,” Ujarnya.

Dalam kasus ini AKP Rafles akan menggunakan Pasal 83 ayat (1) huruf a ndang – undang No. 18 tahun 2013 tentang undang – undang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan untuk menjerat para pelaku dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun dan denda 2,5 Miliyar Rupiah.

Penulis : Rozian

You may be interested

Reskrim
shares2 views

Ratusan Botol Miras Bermerk Dirazia Aparat Kepolisian

DIT NARKOBA - Apr 25, 2018

Mataram - Beberapa tempat hiburan malam berupa Pub And Karaoke di Daerah Senggigi ternyata belum memiliki Surat Ijin Menjual Minuman…

Binkam
shares3 views

Enam Pelaku Curas Dihadiahi Timah Panas

Polres Lotim - Apr 25, 2018

[caption id="attachment_46836" align="alignleft" width="359"] FOTO ILUSTRASI[/caption] Jerowaru -  Enam pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) yang terjadi di Dusun Jurang Malang…

Reskrim
shares5 views

Pelaku DPO Kasus Narkoba Berhasil di Ringkus Polres Mataram

Polres Mataram - Apr 25, 2018

Mataram - Tim Opsnal Satuan Reserse Narkoba Polres Mataram kembali mengamankan seorang laki-laki yang merupakan DPO Satres Narkoba Kota Mataram.…

Leave a Comment

Your email address will not be published.