Razia Keselamatan, Polres Lombok Tengah Sisir Pengendara WNA

Praya – Untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas dan menekankan angka kecelakaan, Kamis (8/3).

Satlantas Polres Lombok Tengah (Loteng) tidak hanya memberikan teguran lalulintas kepada pengendara masyarakat biasa. Namun, Satlantas Polres Lombok Tengah juga memberikan sosialisasi kepada pengendara Warga Negara Asing atau Bule di wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Resort.

Operasi Keselamatan Gataring itu dilaksanakannya selama 21 hari, mulai tanggal 5-25 Maret 2018 mendatang.

“Hasil Razia Keselamatan selama tiga hari ini, kita hanya melakukan  kegiatan bagi bagi bunga, dan sosialisasi lalu lintas kepada masyarakat pengguna jalan termasuk diantaranya wisatawan Negara Asing ( WNA ) di wilayah KEK Madalika Resort,” ujar Kasatlantas Polres Lombok Tengah, AKP Suherdy di kantornya, Kamis (8/3).

Dijelaskan, dalam operasi yang dilaksanakan secara serentak seluruh indonesia ini tujuannya adalah untuk meningkatkan simpati masyarakat kepada polisi lalulintas. Sehingga razia keselamatan ini yang diutamakan itu tindakan preemtif, dan preventif diikuti tindakan represif.

“Yang kita utamakan dalam operasi keselamatan ini adalah tindakan preemtif dan preventif,” tegasnya

Dari hasil operasi yang dilaksanakan selama tiga hati itu, pelanggaran masih didominasi oleh kendaraan roda dua yang tidak dilengkapi dengan STNK, tidak memakai Helm, dan tidak memiliki SIM. Namun, pihaknya hanya melakukan tindakan peneguran saja.

“Minggu pertama dan kedua kita laksanakan preemtif dan preventif, kemudian di minggu ketiga kita akan melaksanakan tindakan represif menggunakan tilang dengan melihat pelanggaran pengendara,” pungkasnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close