Pengamanan Festival Bau Nyale 2018 Kute Lombok NTB

Satu Kompi Satgas Brimob Polda NTB selama dua hari ini dimulai Selasa kemaren (6/3), melaksanakan pengamanan Festival Pesona Budaya Bau Nyale tahun 2018  di kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Kute Lombok Tengah NTB.

Satgas Brimob dibawah Perwira Pengendali Ipda Amirudin Hamzah bertugas melakukan pengamanan dan  patroli di  lokasi kegiatan penyelenggaraan Festival Pesona Budaya Bau Nyale beralngsung dan memastikan kegiatan berjalan dengan aman bersama berkolaborasi dengan satgas pengamanan lainnya.

Festival Pesona Budaya Bau Nyale ini telah dijadikan Budaya Nasional dan sudah dimasukkan dalam Kalender Nasional, Festival Pesona Budaya Bau Nyale tahun 2018 dengan agendanya adalah pengenalan Budaya Sasak yang ada di sekitar kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

Tradisi Bau Nyale ini adalah tradisi masyarakat Lombok yang dilakukan setiap tahunnya, bau nyale artinya “menangkap Nayale” nyale adalah sejenis cacing laut yang ada di kawasan pantai Seger Kute Lombok, Festival Bau Nyale adalah tradisi kuno yang terkait erat dengan legenda Putri Mandalika.

Perayaan Festival Pesona Budaya Bau Nyale oleh masyarakat Lombok ini  dimeriahkan juga dengan pagelaran Drama Musikal Legenda Putri Nyale / Putri Mandalika, Betandak (Tradisi saling sambut pantun dan bahasa antara pemuda dan pemudi) dan acara Penyerahan Hadiah Kontes Pemilihan Putri Mandalika tahun 2018 dan Pemenang Parade Budaya Bau Nyale, juga dimeriahkan oleh penampilan  Closing & Present Band sebagai hiburan penutup.

“karena kegiatannya pada malam hari, kita berketat pengawasan dan pengamannan di area panggung dan area yang kita anggap rawan, anggota patroli  secara bergilir dan kontinyu, berkolaborasi dengan satgas dari satuan pengaman lainnya, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan” demikian tegas padal Satgas Brimob Ipda Amirudin Hamzah kepada tribratanews.ntb.

Selama berlangsungnya Festival Pesona Budaya Bau Nyale Satgas Brimob trus melakukan pengawasan dan Patroli untuk tetap menjaga kelancaran acara, kegiatan Festival berakhir pada pukul 1 Malam. Sukses pengamanan Festival Pesona Budaya Bau Nyale 2018 Lombok NTB.(ijbm)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close