Kapolda NTB Lantik 145 Brigadir Polri Lulusan SPN Polda NTB

Pemasangan pangkat efektif oleh Kapolda NTB

Belanting – Kapolda NTB Brigjen Pol Drs. Firli, M.Si. melantik sebanyak 145 siswa Diktuk Bintara Polri Tugas Umum T.A. 2017/208 menjadi Brigadir Polisi Dua di SPN Polda NTB, Selasa (6/3). Upacara penutupan dan pelantikan tersebut berlangsung pada pukul 09.00 Wita di Lapangan Merah SPN Polda NTB. Adapun para tamu undangan yang hadir pada acara penutupan pendidikan, diantaranya adalah para pejabat utama polda NTB, Kapolres sepulau Lombok, PLT Bupati Lombok Timur dan tamu undangan lainnya termasuk orang tua siswa.

Upacara ini merupakan rangkaian akhir dari program Pendidikan Pembentukan Bintara Polri T.A. 2017/2018 yang telah berlangsung selama 7 (tujuh) bulan di masing-masing tempat pendidikan yaitu di Sepolwan Lemdiklat Polri, Pusdik Sabhara, Pusdik Binmas dan 29 SPN jajaran Polda di seluruh Indonesia. Perlu diketahui bahwa Pendidikan Pembentukan Bintara Polri ini menjadi salah satu upaya penting dalam mewujudkan Polri yang Promoter. Pendidikan pembentukan Bintara Polri T.A. 2017/2018 telah mendidik 10.139 personel Polri, terdiri atas 9.578 polisi laki-laki dan 561 polisi wanita, dengan 9.939 Bintara Polri memiliki kualifikasi umum dan 200 Bintara Polri memiliki kualifikasi penguasaan teknologi informasi.

Dengan adanya penambahan personel baru polri ini diharapkan kinerja dan prilaku bintara polri mampu untuk memberikan pengaruh besar terhadap citra dan penilaian masyarakat terhadap organisasi polri. Melalui kebijakan minimum zero growth dan sistem rekruitmen yang berasaskan BETAH, Polri juga diharapkan dapat menghasilkan Bintara Polri dengan memiliki kualifikasi umum maupun khusus.

Kapolda NTB selaku Irup pada upacara penutupan tersebut memberikan buku bacaan kepada seluruh bintara remaja lulusan SPN Polda NTB berupa UU No. 2 Tahun 2002, UU No. 8 Tahun 1981 (KUHAP) dan KUHP kepada para Bintara remaja lulusan SPN Polda NTB. “Buku ini merupakan pedoman utama bagi kalian semua dalam mengemban fungsi atau melaksanakan tugas sehari-hari dilapangan sebagai anggota polri, sehingga saya harapkan bagi para bintara polri untuk mengerti dan mengetahui akan tugas-tugas kepolisian nantinya, “ucap Kapolda NTB setelah membacakan amanat.

Kapolda NTB pada saat menyampaikan amanat

“Perlu diketahui juga rekrutmen bintara polri T.A. 2017 di wilayah Nusa Tenggara Barat ini diambil kebijakan untuk penerimaan disetiap masing-masing kota/daerah Kabupaten agar ada perwakilannya. Sehingga bagi remaja yang ingin menjadi anggota polri memiliki kesempatan yang sama dengan tetap berdasarkan prinsip BETAH (bersih, transparan, akuntabel dan humanis), “tambah Kapolda NTB.

Selain memberikan buku untuk bintara remaja sebanyak 145 buah dari masing-masing buku yang dibagikan, Kapolda NTB juga memberikan piagam penghargaan dan ucapan selamat kepada tiga siswa bintara polri yang berprestasi. Siswa berprestasi untuk cendikiawan diberikan kepada siswa a.n. Sofian Ansori, Tertabah diberikan kepada siswa a.n. Dede Pradita Utama dan untuk siswa Trengginas diberikan kepada siswa a.n. Arif Sahif Amrullah. (tgh)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close