Cegah Kanker Serviks, Bhayangkari di NTB Gelar Tes IVA Gratis

Sosialisasi dan Pemeriksaan Kanker Serviks dan HIV/AIDS
Sosialisasi dan Pemeriksaan Kanker Serviks dan HIV/AIDS

Mataram – Memperingati Hari Jadi ke-38, Yayasan Kemala Bhayangkari daerah NTB menggelar tes IVA (Inspesksi Visual Asetat) Gratis, Senin (5/3) di Rumah Sakit Bhayangkara Polda NTB.

Kegiatan bakti sosial kesehatan yang ditujukan khusus kepada wanita dewasa itu dipimpin oleh istri Direktur Intelijen dan Keamanan Polda NTB Ny. Widi Susilo.

Dia mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan program pusat yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

“Pemeriksaan deteksi dini kanker serviks ini kami tujukan kepada seluruh wanita dewasa yang sudah menikah dengan tidak memandang batas usia,” ujar Widi.

“Selain itu, kami juga berikan pencerahan dan ceramah tentang cara mencegah tertularnya HIV/Aids,” tambahnya.

Menurut Widi, setelah HIV/Aids, kanker serviks menjadi penyebab kematian terbanyak di dunia maupun di Indonesia yang diderita oleh para kaum hawa.

Informasi tersebut ia peroleh berdasarkan data globocan (global burden cancer) tahun 2012 yang menunjukkan ada sekitar 26 wanita di Indonesia yang meninggal setiap harinya karena kanker serviks.

“Kanker ini kebanyakan diderita wanita dewasa berusia produktif antara 36 sampai dengan 55 tahun,” terangnya.

Dijelaskan Widi, tindakan pencegahan untuk kanker serviks yakni dengan memberikan vaksin terhadap virus HPV melalui deteksi dini kanker leher rahim( tes IVA) dan pap smear.

“Kami imbau kepada wanita yang sudah menikah, yang belum pernah periksa silahkan periksakan kesehatan rahimnya melalui tes IVA ini, bagi yang sudah pernah memeriksa silahkan diperiksa rutin setiap dua tahun sekali,” pungkas Ny. Widi Susilo.

Penulis : Ginandra

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close