Jelang Pelantikan, Siswa SPN Polda NTB Terima Pembekalan Dari Kapolda NTB

Kapolda NTB pada saat memberikan pembekalan kepada 145 siswa SPN Polda NTB

Belanting – Sebanyak 145 siswa Diktuk Bintara Polri Tugas Umum T.A. 2017 SPN Polda NTB berkunjung ke Polda NTB, Rabu (28/2). Dengan didampingi langsung oleh Ka SPN Polda NTB AKBP Kurnianto Purwoko, S.H dan para pengasuhnya, siswa diktuk bintara polri tugas umum T.A. 2017 tersebut siap menerima pembekalan dari Kapolda NTB dan para Pejabat Utama Polda NTB. Diantaranya adalah Kabid Propam Polda NTB, Karo SDM Polda NTB dan Irwasda Polda NTB.

Sekitar pukul 12.00 Wita, Kapolda NTB (Brigjen Pol Drs. Firli, M.Si) memberikan pembekalan kepada para siswa diktuk bintara polri tugas umum T.A. 2017 SPN Polda NTB di gedung Rupatama Polda NTB. Tampak antusias dan semangat siswa terlihat pada saat menerima pembekalan secara langsung oleh Kapolda NTB, dengan terlihatnya sikap tegas para siswa setiap menjawab pertanyaan yang dilemparkan kepada siswa oleh Kapolda NTB.

Pada saat memeberikan pembekalan banyak hal yang disampaikan oleh Kapolda NTB kepada para siswa dalam pelaksanaan tugasnya kedepan sebagai anggota polri. Seperti halnya salah satu penekanan yang diberikan kepada siswa adalah mengenai pedoman hidup polri (Tribrata) dan Catur Prasetya yang merupakan pedoman kerja polri. “Jadi pada saat nanti para siswa sudah bertugas sebagai anggota polri yang dijunjung tinggi adalah kebenaran, keadilan dan kemanusiaan, sehingga tidak boleh condong untuk melakukan keberpihakan karena keluarga, suku dan agama, sesuai dengan bunyi daripada Tribrata butir kedua, “ucap Kapolda NTB.  Selain itu Kapolda NTB juga menegaskan dan menjelaskan kepada seluruh siswa mengenai tugas pokok dan wewenang polri yang diatur dalam UU No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Tujuan Kepolisian ada pada pasal 4 yang menyebutkan tujuan kepolisian yaitu mewujudkan keamanan dalam negeri yang meliputi terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat, tegak dan tertibnya hukum serta terselenggaranya perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, “tambah Kapolda NTB pada saat memberikan pembekalannya.

Salah satu perwakilan siswa pada saat menjawab pertanyaan dari Kapolda NTB

“Ada kebijakan pemerintah yang dikenal dengan Nawa Cita. Ada dua hal nawa cita yang berkaitan langsung dengan polisi, yang pertama adalah nawa cita pertama yaitu menghadirkan negara dalam rangka memberikan perlindungan dan rasa aman kepada masyarakat, nawa cita yang kesembilan adalah memelihara Kebhinekaan, jadi tidak boleh mempersoalkan suku, agama, ras dan golongan, “tutup Kapolda NTB.

Dengan didapatkannya pembekalan tersebut diharapkan siswa dapat mengetahui dan memahami akan satu tujuan, tiga tugas pokok yang dijabarkan kedalam dua belas tugas-tugas kepolisian serta 37 kewenangan dan kewajiban polisi. (tgh)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close