Saber Pungli NTB Lakukan Sosialisasi di Sumbawa

kegiatan sosialisasi tim saber pungli UPP Sumbawa

Mataram – Tim Satuan Tugas Saber Pungli NTB saat ini fokus melakukan sosialiasi di wilayah kabupaten se-NTB terkait Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016. Wilayah Kabupaten yang mendapatkan untuk dilakukan sosialisasi yakni Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Besar. Sosialisasi tersebut dilakukan di Kantor Inspektorat/Sekretariat Satgas Saber Pungli UPP Kabupaten Sumbawa, Kamis (22/2).

Beberapa kegiatan mereka lakukan untuk mencegah terjadinya pungutan liar, mulai dari kegiatan Supervisi, Monev dan Asistensi. Penentuan sasaran sosialisasi ada 2, UPP Kabupaten Sumbawa dan UPP Kabupaten Sumbawa Barat.

Kegiatan itu dipimpin langsung oleh Kepala UPP Provinsi NTB yang juga Irwasda Polda NTB Drs. Ismail Bafadal, MH dan Sekretaris UPP Prov NTB.

Kabid Humas Polda NTB AKBP Dra. Tri Budi Pangastuti, M.M menuturkan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut atensi langsung dari Ketua Satgas Saber Pungli Pusat, Irwasum Mabes Polri Putut Bayu Seno, ketika sebelumnya ada Rakor via video conference di ruang rapat utama Polda NTB, Selasa (20/2)

kegiatan sosialisasi tim saber pungli UPP Sumbawa

“Ia meminta seluruh Unit Pemberantasan Pungli (UPP) pusat dan daerah agar terus memperkuat pencegahan  dengan memperbanyak kegiatan sosialisasi dan koordinasi,” ungkap Kabid Humas.

Ada tiga point atensi Ketua Satgas Saber Pungli Pusat, Pertama melakukan sosialisasi internal sehingga seluruh personil memiliki komitmen tinggi menghindarkan diri dari praktek pungli dan korupsi. Kedua, Kepala UPP diminta terus menggaungkan himbauan dan ajakan kepada masyarakat untuk mau melaporkan bila mengetahui adanya praktek pungli, dan ketiga, mengajak masyarakat untuk berani menolak dan melawan segala bentuk pungutan yang tidak sesuai ketentuan.

“Harapannya, fungsi-fungsi bidang pelayanan publik yang ada di NTB dan masyarakat saling berkomitmen untuk terhindar dari praktek pungli,” imbuhnya.

penulis : Yermia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close