Tim Saber Pungli NTB Perkuat Pencegahan Dengan Sosialisasi

ilustrasi stop pungli

Mataram – Tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP) daerah NTB secara intens dan terus menerus melakukan upaya-upaya pencegahan praktek pungli yang berpeluang terjadi di fungsi-fungsi bidang pelayanan publik yang ada di NTB.

Upaya pencegahan itu ditegaskan Kabid Humas Polda NTB AKBP Dra. Tri Budi Pangastuti, M.M, dengan cara memperbanyak kegiatan sosialisasi dan koordinasi di masyarakat termasuk instansi-instansi yang terkait.

“Itu atensi langsung dari Ketua Satgas Saber Pungli Pusat, Irwasum Mabes Polri Komisaris Jenderal Polisi Putut Bayu Seno. Ia meminta seluruh Unit Pemberantasan Pungli (UPP) pusat dan daerah agar terus memperkuat pencegahan  dengan memperbanyak kegiatan sosialisasi dan koordinasi,” ungkap Kabid Humas Polda NTB di ruang kerjanya, Rabu (21/2).

Ada tiga point atensi Ketua Satgas Saber Pungli Pusat saat Rakor via video conference di ruang rapat utama Polda NTB, Selasa (20/2). Pertama melakukan sosialisasi internal sehingga seluruh personil memiliki komitmen tinggi menghindarkan diri dari praktek pungli dan korupsi. Kedua, Kepala UPP diminta terus menggaungkan himbauan dan ajakan kepada masyarakat untuk mau melaporkan bila mengetahui adanya praktek pungli, dan ketiga, mengajak masyarakat untuk berani menolak dan melawan segala bentuk pungutan yang tidak sesuai ketentuan.

vicon saber pungli di rupatama polda ntb

Saat video conference hadir Kepala UPP Provinsi NTB yang juga Irwasda Polda NTB Drs. Ismail Bafadal, MH, bersama Aswas Kejati NTB, didampingi Inspektur Provinsi NTB diwakili Irbansus GP. Aryadi, Para wakil Ketua, Sekretaris dan seluruh Ketua Pokja.

Dipaparkan Putut, selama 1,5 bulan terakhir (Januari-Februari 2018), pihaknya dan  berdasarkan laporan UPP Daerah, sudah melaksanakan sebanyak 11.043 kali sosialisasi,  selain  pemasangan spanduk, baliho dan sosialisasi melalui videotron.

“Penegasannya, pentingnya mengedepankan upaya preventif dalam pemberantasan pungli,” tegas Kabid Humas.

penulis : yermia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close