Intruktur SPN Belanting Polda NTB, Latih Dalmas Polres Lobar

Lembar – Latihan Dalmas yang rutin dilaksanakan Personel Polres Lombok Barat setiap minggu di lapangan hitam Polres Lombok Barat, hari ini Rabu (21/2) akan dilatih dari instruktur SPN Belanting Polda NTB.

Pelaksanaan diawali dengan Apel pagi dipimpin oleh Kasat Sabhara Polres Lobar AKP Burhanudin menyampaikan bahwa latihan kali ini akan di pimpin oleh Instruktur dari SPN belanting Polda NTB.

“Diharapkan dalam latihan kali ini, dapat menyempurnakan pelaksanaan latihan sebelumnya, sehingga dalam pelaksanaannya nanti dilapangan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” Kasat Sabhara mengatakan saat memimpin apel pagi.

Sebelum latihan dimulai, Gadik Madya Katim Dalmas SPN Banting AKBP I Made Partika, SH menyampaikan arahan kepada personel peserta Latihan dalmas.

“Tahun 2018, merupakan tahun Pilkada dimana kekuatan Polri disentralisasi saat Pemilu,” katanya.

AKBP I Made Partika, SH junga mengatakan bahwa kekuatan yang ada di Polres masing-masing diberdayakan. Dalmas diaplikasikan terhadap perlindungan hak asasi manusia, prosedur yang dilakukan oleh dalmas agar tidak melanggar HAM.

“Apabila kita melaksanakan tugas kepolisian, harus berpedoman pada peraturan hukum yang berlaku, sebagai alat negara penegak hukum, agar tidak sampai melanggar HAM,” imbuhnya.

AKBP I Made Partika menjelaskan bahwa Dalmas hanya ada dua, yaitu dalmas awal dan dalmas lanjut, sedangkan sebutan untuk kerangka yaitu kompi kerangka, dan peleton kerangka.

Dalmas awal kegiatan yang dilakukan adalah hanya sampai memegang tali dalmas dan tangan terkait. Kalau sudah sampai kegiatan itu, dilanjutkan dengan dalmas lanjut dengan kelengkapan yang ada. Apabila Dalmas lanjut tidak mampu, di back up dan di lanjutkan oleh PHH Brimob Polda.

Kegiatan Latihan Dalmas dilanjutkan dengan pelaksanaan Drill di pandu oleh pamin gadik SPN Belanting Aiptu sugeng harianto. Dimulai dari latihan sikap pokok, sikap siaga, memegang tali dalmas dan tangan terkait.

Reporter : Agung
Editor : Yermia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close