Komitmen Pilkada NTB ‘No Hoax’, Kapolda NTB Gandeng Unsur Media

sepakat no hoax

Mataram – Kapolda NTB Brigjen Pol. Drs. Firli, M.Si bersama unsur media dan pimpinannya berkomitmen, selama pilakada serentak tahun 2018, pemberitaan yang tersebar tidak ada berita bohong alias hoax.

Komitmen itu ditandai dengan penandatanganan bersama di atas spanduk bertulis ‘Komitmen Media dan Jurnalis Bersama Kapolda NTB Sukseskan Pilkada Damai 2018, No Hoax” di Warung Menega, Senggigi, Lombok Barat, Senin (19/2).

“Kita buat agenda tetang komitmen kita untuk tidak ada berita yang tidak benar alias hoax, banyak peluang orang untuk memuat berita kebencian atau fitnah, karena ruang komunikasi saat ini tidak terbatas,” ungkap Kapolda NTB.

Kapolda menyatakan, pihaknya selalu membangun komunikasi terhadap setiap pasangan calon di NTB untuk tidak melakukan kamapnye negativ atau black campaign.

“Yang jelas sampai saat ini, seluruh pasangan calon maupun tim sukses sepakat tidak menyebarkan black campaign, ujaran kebencian, fitnah, permusuhan dan provokasi,” ujarnya.

Ditambahkannya, baiknya bila dalam berkampanye, setiap pasangan calon berkampanyelah sebuah program-program, seperti visi apa misi apa yang nantinya akan dibangun.

“Kamapnye itu menyampaikan suatu gagasan atau suatu ide, sehingga menarik orang hingga memilih kita dengan tidak membuat berita tentang kejelekan atau keburukan orang lain,” imbuhnya.

Diketahui sesuai dengan perintah Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, setiap Polda tak terkecuali Polda NTB membentuk Satuan Tugas (Satgas) Nusantara. Dalam satgas itu ada pengelolaan media dan pemberitaan. Cyber Crime dan Cyber Troop jadi peluncur untuk memantau media-media sosial dan media lainnya.

“Seandainya ada pihak yang dirugikan, maka si pembuat berita bisa kita minta tanggung jawabnya. Suksesnya pilkada ada delapan komponen yang salah satunya adalah media,” tandasnya.

penulis : Yermia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close