Video Telur Palsu di Ampenan Adalah Hoax

scene video telur ayam yang diduga palsu

Mataram – Belakangan sempat beredar di kalangan warganet Mataram dan sekitarnya, video berdurasi dua menit lima detik yang berisi tentang seorang pembeli telur ayam mendapati kejanggalan, dua kuning telur di dalam satu cangkang.

Kejadian tersebut dianggapnya sebagai penemuan telur palsu dan mengklaim bahwa di Lombok telah banyak beredar telur palsu.

“Kami melakukan pengecekan terkait beredarnya video yang menayangkan  bahwa adanya penyuplai  telur ayam ras palsu di wilayah Ampenan,” ujar Kapolsek Ampenan Kompol I Wayan Suteja SH, Sabtu (17/2).

Usai dilakukan pengecekan pada suplier telur di jalan Aster depan pasar ACC Ampenan, petugas tidak menemukan adanya kejanggalan terhadap telur – telur yang diduga palsu tersebut setelah membeli satu tray telur ayam, Jum’at (16/2).

“Setelah dilakukan pengecekan dengan cara memecahkan telur tersebut di kantor Polsek Ampenan, ternyata telur – telur itu asli  dan tidak ditemukan indikasi adanya telur palsu,” ungkap Kompol I Wayan Suteja.

Ditempat terpisah, Kabid Humas Polda NTB AKBP Tri Budi Pangastuti menghimbau agar masyarakat tidak perlu resah dengan beredarnya video telur palsu itu.

“Sebelum menerima informasi, ada baiknya kita mencari sumber yang benar, jangan langsung percaya begitu saja,” ujar AKBP Tri Budi.

Menurut Kabid Humas Polda NTB, masyarakat harus lebih waspada terhadap berita – berita yang belum tentu kebenarannya.

“Hati – hati terhadap upaya yang ingin membuat keresahan di masyarakat,” pungkas perwira menengah berpangkat melati dua itu.

Perlu diketahui, telur yang memiliki dua kuning di dalam satu cangkang terjadi saat seekor ayam melepaskan dua kuning ke dalam cangkang yang sama. Kuning ganda biasanya diproduksi oleh ayam muda.

Karena sistem reproduksi mereka (red : ayam muda) belum sepenuhnya matang, mereka secara berkala melepaskan dua kuning telur dan bukan satu. Telur ayam dengan kuning ganda aman untuk dikonsumsi. [hoff]

Kapolsek Ampenan Kompol I Wayan Suteja SH (memegang handphone) bersama anggota memeriksa telur ayam yang diduga palsu

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close