Persiapan Latja, Siswa SPN Polda NTB Laksanakan Latnis Lebih Dahulu

Penyematan tanda peserta latihan tehnis oleh KA SPN Polda NTB

Belanting – Untuk mengetahui terbentuknya sikap mental dan perilaku positif sebagai salah satu perwujudan jati diri polri, terbentuknya jiwa dan semangat kebersamaan dalam setiap tugas dan pemecahan masalah yang telah diajarkan pada tahap Dasbhara, maka dilaksanakan upacara pembukaan Latihan tehnis setelah pelaksanaan upacara pengibaran bendera, Senin (12/2).  Upacara pembukaan latnis ini ditandai dengan penyematan pita kuning tanda peserta latnis kepada salah satu perwakilan siswa dan anggota SPN Polda NTB oleh Ka SPN Polda NTB (AKBP KURNIANTO PURWOKO, S.H.).

Adapun kegiatan latnis ini akan dilaksanakan selama tiga hari yang dimulai dari tanggal 12 s/d 14 Februari 2018. Pelaksanaan latnis ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu uji terampil dan simulasi. Yang termasuk dalam uji terampil adalah matapelajaran penjagaan, patroli, pengawalan, TPTKP, pengaturan, beladiri polri, tipiring, tilang dan menembak. Sedangkan matapelajaran yang termasuk dalam uji simulasi yaitu kerukunan hidup beragama, kode etik profesi dan tata krama/etika, sejarah juang polri, HAM dan gender, peraturan pemberhentian ,disiplin, dan tata acara peradilan umum bagi anggota polri, UU No. 2 tahun 2002, KUHP dan KUHAP, polmas dan psikologi masa/ negosiasi.

“Latihan tehnis ini dilaksanakan bertujuan untuk mengukur kemampuan para siswa dalam menyerap pengetahuan dan keterampilan yang telah diterima selama pendidikan atau dengan kata lain untuk merefleksikan kembali knowledge dan vokasi yang berhubungan dengan tugas-tugas kepolisian, ”ucap Ka SPN Polda NTB pada saat menjadi irup dalam pelaksanaan upacara tersebut.

“Sehingga nantinya mereka siap untuk menerapkan pada latihan kerja yang akan dilaksanakan mulai tanggal 15 s/d 22 Februari di empat Polres di pulau Lombok, “tambahnya.

Siswa SPN Polda NTB yang sedang melaksanakan latihan tehnis

Pada kesempatan tersebut Ka SPN Polda NTB juga menyempatkan untuk mengingatkan bagi para staf yang terlibat dalam kegiatan latja nantinya agar menyiapkan kelengkapan-kelengkapan yang harus dibawa, baik apa-apa saja yang perlu dibawa oleh anggota maupun siswa pada saat latja (latihan kerja) nanti. Seperti baju PDL, PDH, tutup kepala dan sepatu.

“Berkaitan dengan Pilkada nanti saya minta dan akan saya sampaikan kepada para Kapolres untuk siswa agar melaksanakan latihan dalmas setelah melaksanakan apel pagi di polres bersama para personel di masing-masing polres dan saya minta agar teta pjaga kesehatan demi lancarnya kegiatan atau tugas-tugas yang kita laksanakan, “tutup Ka SPN Polda NTB. (tgh)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close