Lagi, Polisi Amankan Ribuan Burung di Pelabuhan Lembar

Lembar – Polres Lombok Barat kembali mengamankan ribuan ekor burung berbagai jenis yang akan dibawa keluar dari pulau Lombok menuju Bali, Rabu (17/1). Dari berbagai jenis burung yang berhasil diamankan, ditemukan ada jenis burung yang dilindungi.

Kasat Reskrim Polres Lombok Barat Akp Priyo Suhartono, S.I.K dalam konferensi pers kepada media mengatakan, ribuan burung yang akan dibawa ke Bali tersebut digagalkan oleh personel Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar saat pemeriksaan kendaraan di Pelabuhan Lembar.

Kecurigaan petugas pada truck muatan yang dikendarai SH, (31). Ketika diperiksa, kepada polisi ia mengaku bahwa Burung – burung tersebut diangkut di Kelurahan Bertais, Kota Mataram dan akan di bawa ke Bali.

“Atas temuan tersebut, pelaku beserta barang bukti diamankan ke Polres Lombok Barat untuk diproses lebih lanjut,” kata Kasat Reskrim.

Adapun barang bukti yang diamankan di Polres Lombok Barat yaitu satu Unit  Truck warna kuning, 1.750 Ekor burung jenis Manyar,  15 Ekor burung jenis Podang, 10 ekor burung jenis Daicu, 120 Ekor burung jenis Percit, 80 Ekor burung jenis Pelci, 20 Ekor burung jenis Cerucuk, 10 Ekor burung jenis Sari Gunting,  381 Ekor burung jenis Manyar, 15 Ekor burung jenis Podang, 20 Ekor burung jenis Sri Gunting, 80 Ekor burung jenis Kecial Kuning, 100 Ekor burung jenis Kecial Kombo, dan  1 Keranjang berisikan 1 Ekor burung jenis Elang.

Dari sekian jenis burung yang diamankan, Jenis kecial Kombo dan Elang Bondol adalah termasuk jenis burung yang dilindungi.

Sementara itu, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar Ipda jasa Yulianto, mengatakan bahwa, sebagian besar keberhasilan menggagalkan burung yang akan dibawa keluar daerah diungkap saat melakukan pemeriksan kendaraan.

“pemeriksaan kendaraan rutin kita laksanakan, sebagai bentuk kegiatan pencegahan,” ungkap Kapolsek.

Sebelumnya Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar dan BKSDA Provinsi NTB berhasil mengamankan 2.400 Ekor Burung yang juga akan di bawa ke Bali.

Reporter : Agung Eka
Editor : Yermia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close