Aksi Gendang Beleq TNI-Polri NTB Iringi Pisah Sambut Pangdam IX Udayana

tarian gendang beleq TNI Polri

Mataram – Gendang Beleq gabungan personil TNI-Polri NTB menunjukan aksinya di pulau dewata, Bali. Aksi itu ditampilkan pada acara pisah sambut pangdam IX Udayana di Gedung Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC), Nusa Dua, Bali,  Selasa (16/1).

Uniknya, personil grup musik khas suku sasak ini masih menggunakan pakaian dinas lengkap, TNI dan Polri. Mereka adalah pemain gendang beleq pilihan, yang didalamnya terdiri dari personil TNI dari Danrem 162 WB dan personil Polri dari Polda NTB.

Aksi ini merupakan inisiatif Kapolda NTB Brigjen Pol. Drs. Firli, M.Si untuk menunjukan soliditas dan kekompakan personil TNI-Polri. Bersatu membentuk nada indah, demi tegaknya NKRI.

Kasat Brimob NTB Kombes Pol. Taufik, SIK menjadi penanggung jawab langsung tim gendang beleq gabungan TNI-Polri.

Diketahui, kesolidan tim ini tampil sudah empat kali pada event besar di NTB dan Bali. Pertama pada peringatan Hari Juang Kartika di Yonif 742, Kodam Udayana , kedua pada puncak acara HUT ke 59 NTB Bertasyakur, ketiga penyambutan anggota Brimob Polda NTB yang kembali dari papua dalam Satgas Amole 3 BKO Polda Papua dan keempat pada acara pisah sambut Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, S.I.P., M.Sc. kepada Pejabat Baru Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P.

Kabid Humas Polda NTB AKBP Dra. Tri Budi Pangastuti, M.M kepada media menuturkan, terbentuknya ide tim kesenian khas sasak gendang beleq ini muncul dan diawasi langsung oleh Kapolda NTB Brigjen Pol Drs. Firli, M.Si dan Danrem 162 WB Kolonel Infantri Farid Makrub.

“Ide ini tercetus bulan lalu, tepat dibentuknya tanggal delapan Desember 2017 kemarin,” ungkap Kabid Humas.

Gendang Beleq adalah alat musik tradisional suku sasak yang artinya Gendang Besar. Alat musik ini menurut sejarah, sebagai pengiring penyambutan dan penghantaran pasukan perang dijamannya waktu itu. (yos)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close