Gedung Tahanan Diresmikan, Kapolda NTB : Instansi Lain yang Mau Titip Juga Bisa

Mataram – Kapolda NTB Brigjen Pol. Drs. Firli, M.Si meresmikan Gedung untuk mengamankan para tahanan dan barang bukti tindak kejahatan hasil tangkapan Polda NTB, Selasa (16/1).

Bangunan dengan tiga tingkat berkapasitas 45 kamar tahanan itu memiliki kantor pengendali satu atap yang berada di lantai dua. Sedangkan lantai tiga merupakan ruang serbaguna yang dapat digunakan untuk kegiatan ibadah bagi tahanan, misal shalat jum’at berjama’ah.

Sejumlah pimpinan forum koordinasi pimpinan daerah (FKPD) menghadiri acara peresmian gedung yang anggaran pembangunannya merupakan perolehan dana hibah dari PT AMNT (Amman Mineral Nusa Tenggara) dengan total asset 4,6 Milyar Rupiah.

Dalam sambutannya, Kapolda menyampaikan apresiasi kepada PT AMNT berkat andilnya membantu Polda NTB dalam rangka memaksimal fasilitas operasional, salah satunya pembangunan rumah tahanan yang layak huni.

“Meski mereka tahanan, mereka tetap memilik hak untuk diperlakukan dengan adil dan manusiawi, prosedur hukum juga sudah jalan, kita upayakan agar tempat tahanan kita setidaknya bersih, nyaman dan layak huni,” ujar Kapolda.

“Satu kamar kita batasi daya tampung maksimalnya sampai empat orang,” tambahnya.

Gedung yang letaknya di sebelah barat Kantor Polda NTB itu tergolong cukup besar. Menurut Kapolda, gedung baru itu cukup untuk menampung para pelaku tindak kejahatan narkotika, tindak pidana khusus maupun kriminal umum.

Dia ingatkan agar warga NTB menjadi lebih tertib dan taat hukum, karena dirinya tidak segan-segan menangkap para pelaku kejatahan walau dalam jumlah banyak.

“Kalau memang pelakunya banyak ya kami tidak segan-segan tangkap semua, karena sekarang kapasitasnya cukup untuk menampung,” awas Kapolda.

“Jadi sangat cukup sekarang ini, bahkan tadi saya bicara dengan kawan dari kejaksaan, kalau ada tahanan dari kejaksaan yang ingin dititip di tempat kita, ya kita bisa,” pungkasnya.

Reporter : Ginandra
Editor : Azwin

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close