Polda NTB Kirim Pasukan “Gendang Beleq” ke Bali

Kapolda NTB Brigjen Pol. Drs. Firli, M.Si saat melatih pasukan gendeng beleq

Mataram – Memeriahkan upacara serah terima jabatan Pangdam IX/Udayana, yang akan dijabat oleh Mayor Jenderal TNI Benny Susianto menggantikan Mayor Jenderal TNI Komaruddin Simanjuntak besok Selasa (16/1), Kapolda NTB Brigjen Pol. Drs. Firli, M.Si berinisiatif mempersembahkan sepasukan Brimob, TNI, Polwan dan Kowan yang telah ‘disulap’ menjadi pasukan gabungan Gendang Beleq.

Gendang Beleq merupakan alat musik tradisional yang dimainkan secara kelompok dan menjadi simbol salah satu suku di NTB (suku Sasak), memiliki arti Gendang yang besar.

Kapolda mengatakan, banyak folosofi yang dapat diambil dan diilhami dari ‘pasukan tak lazim’ yang akan melakukan operasi hiburan di hadapan dua jenderal TNI berbintang dua tersebut.

Selain untuk menunjukkan sinergitas TNI-Polri yang kian menguat di wilayah Nusa Tenggara Barat, Kapolda juga ingin menyambut kehadiran pimpinan militer untuk semenanjung Bali dan Nusa Tenggara itu dengan apresiasi sakral dan kental budaya.

“Gendeng Beleq itu untuk memberikan semangat dan menambah keberanian bagi prajurit yang hendak berangkat menuju medan perang, juga untuk menyambut kedatangan prajurit sepulang dari peperangan,” jelas Kapolda, usai apel pagi, Senin (15/1) di Lapangan Gajah Mada Polda NTB.

“Seiring berjalannya waktu, Gendang Beleq juga digunakan untuk upacara adat dan acara seremonial peresmian,” tambahnya.

Secara filosofis, Kapolda menyimpulkan, Gendang Beleq merupakan jati diri dan jiwa kepahlawanan suku Sasak. Penetapan Pangdam IX/Udayana yang baru merupakan simbol patriotisme bagi pertahanan Indonesia khususnya di wilayah Bali dan Nusa Tenggara.

“Wujud keikutsertaan kami, masyarakat NTB, memang tidak cukup dengan pertunjukan Gendang Beleq, namun setidaknya, kami ingin menyambut dan melepas kehadiran panglima milter daerah Bali Nusra dengan meriah,” pungkasnya.

Reporter : Ginandra
Editor : Azwin

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close