Personel Polres Loteng Mendadak Jadi Petani, Kapolres : Biar Jangan Taunya Cuma Jadi Nasi Saja

tanam raya di Lombok Tengah

Praya – Sebanyak 900 personel Kepolisian Resor Lombok Tengah (Polres Loteng) secara serempak di masing-masing sektor jajaran mendadak menjadi Petani. Kegiatan yang dilakukan serentak itu menindaklanjuti program Kapolda NTB Brigjen Pol. Drs. Firli, M.Si, ‘Polda NTB Peduli Tani’. Seluruh Personil melakukan tanam raya, dengan varietas tanaman palawija berbagai macam, Sabtu (13/01).

Kapolres Loteng AKBP Kholilur Rochman SH, SIK, MH mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menyongsong Ketahanan Pangan di Provinsi NTB khususnya Kabupaten Lombok Tengah. Indonesia merupakan negara agraris yang sebagian besar penduduknya bermatapencahariaan sebagai petani, namun faktanya negara kita masih saja memerlukan import pangan dari luar negeri.

Kapolres Lombok Tengah AKBP Kholilur

“Bapak Kapolda NTB yang menjadi inisiator dalam program ini menginginkan agar Provinsi NTB menjadi Pilot Project untuk menuju Ketahanan Pangan. Agar Import Pangan yang dilakukan oleh negara bisa diminimalisir atau bahkan ditiadakan,” ujar Kapolres membacakan amanat dari Kapolda NTB sesaat sebelum dimulainya penanaman.

Selain itu Kapolres Lombok Tengah melalui aksi Tanam Raya ini juga menginginkan seluruh personelnya, untuk merasakan bagaimana jerih payah seorang petani yang tetap ditemani oleh teriknya matahari. Mulai dari menanam, memupuk, hingga memanen.

“Kita berada di sini supaya bisa merasakan jerih payah petani. Biar kita jangan taunya cuma nasi yang ada di atas meja makan saja.” pungkasnya.

Untuk Polres Lombok Tengah, memilih Desa Aik Berik, Kecamatan Batuklian Utara menjadi pusat pelaksanaan tanam raya. Disana terdapat 1,5 Hektar are lahan persawahan kosong yang siap ditanami oleh kurang lebih 200 personel berseragam lengkap.

Di hari yang sama namun di tempat berbeda, seperti di wilayah Kecamatan Praya, personil Polri juga melakukan penanaman di 10 hektar are varietas padi dan 2 hektar are pohon sengon. Di wilayah Kuta, sebanyak 1.500 bibit varietas tanaman cabai.

Reporter : Rozian
Editor : Yermia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close