Polisi Sulap Rumah Marbot Mushola di Lombok Barat

Giri Menang – Bripka Zunaidin Bhabinkamtibmas Desa Mareje Timur, Lembar, bergotong royong menyulap rumah milik Pak Dan, seorang marbot Musholla Nurul Hikmah, Kecamatan Lembar, Lombok Barat.

Gubuk yang ditempati tiga orang, Pak Dan, Ibu dan Saudarinya sungguh tidak layak. Selain sempitnya gubuk, posisi rumah itu juga rawan karena terletak di lereng bukit, ditambah dindingnya hanya berbatas terpal bocor dan sobek.

Melihat kondisi itu, personil Polsek Lembar, Koramil Lembar, BPBD Provinsi NTB dan Kabupaten Lobar,  Aparat Desa Sekotong Timur, dan masyarakat bergotong royong untuk membangun rumah  kepada salah satu warga yang kurang mampu di Dusun Jelateng Sedenggang, Desa Sekotong Timur, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Jumat (12/1).
“Diusia tuanya, meskipun memiliki keterbatasan pengelihatan(Katarak), pak Dan tetap istiqomah mengurus mushola,” ungkap Bhabinkamtibmas Desa Mareje Timur Lembar Bripka Zunaidin kepada media.

Bripka Zunaidin menceritakan begini awal mula pertemuannya dengan Pak Dan, hingga direalisasikannnya bantuan untuk dibangunkan sebuah rumah yang layak huni.

“Awal mula saya kenal pak Dan, waktu melaksanakan sholat di Mushola Nurul Hikmah bertemu beliau,” tuturnya.

Karena prihatin dengan keadaan Pak Dan, Bripka Zunaidin ikut ke rumah pak Dan untuk melihat keadaan keluarganya. Disana Bripka Zunaidin melihat kondisi tempat tinggal Pak Dan jauh dari kata layak.

“Jadi sebenarnya mereka Tidak memiliki lahan, dan hanya menumpang sementara ditanah milik tetangga dan membangun gubug reot disana,” tambah Bripka Zunaidin.

Sebagai kebutuhan untuk hidup sehari-hari, mereka mengandalkan hasil dari gaji marbot musholla yang di terima dari pemerintah daerah sebesar satu juta rupiah pertahun.

“Jelas sangat tidak mencukupi untuk kebutuhan mereka makan bertiga jika mengandalkan penghasilan segitu, ditambah dengan kondisi ibunya yang sakit-sakitan,” Lanjutnya.

Tergeraklah hati Bripka Zunaidin melihat keadaan tersebut, ia dan Bripka Suriawan bersama Pemerintah Desa Sekotong Timur, berinisiatif untuk mencarikan sebidang tanah untuk Pak Dan. Usaha mereka membuahkan hasil, Seorang warga secara sukarela menghibahkan tanahnya seluas satu are untuk pembangunan rumah Pak Dan.

Pembangunan Rumah dimulai dari dasar rumah, kamar mandi, wc dan dapur secara bergotong royong.

Untuk Dana pembangunan tersebut didapatkan dari para donatur, bekerjasama dengan Endri’s Foundation ditambah bantuan dari desa untuk rumah kumuh yang akan direalisasikan sekitar bulan mei 2018. Sedangkan pembangunan rumah milik Pak Dan saat ini tetap kita laksanakan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close