Tidak Dilengkapi Dokumen, 2.400 Ekor Burung Diamankan di Lembar

Proses penyitaan barang bukti oleh petugas

Lembar – Sekitar 2.400 ekor burung yang dikemas dengan 34 kranjang dan 25 kardus diamankan oleh Dinas BKSDA Provinsi NTB bekerjasama dengan Posek Kp3 Pelabuhan Lembar. Satwa jenis burung tersebut disita petugas karena tidak dilengkapi dokumen resmi dari instansi terkait baik dari BKSDA dan Karantina Hewan setempat.

Kapolres Lombok Barat AKBP Heri Wahyudi kepada media menuturkan, Senin (8/1), saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Balai Koservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk mendalami kasus tersebut.

“Asal burung maupun tujuan ribuan ekor burung tersebut akan dikirim kita masih dalam proses penyelidikan,” ungkap Kapolres Lombok Barat.

Adapun rincian jenis burung yang dimankan yaitu Srigunting 30 ekor,  kecial kuning 1300 ekor kecial gunung 150 ekor, gelatik batu abu 50 ekor, kelincer 150 ekor, branjangan jawa 600 ekor, branjangan kepala kuning 20 ekor.

“Totalnya sebanyak 2.400 ekor burung,” tambah Kapolres.

Sementara itu, Kapolsek Kawasan Pelabuhan lembar Ipda Jasa Yulianto mengatakan, pengungkapan penyelundupan burung ini berawal informasi dari masarakat kepada anggota BKSDA, bahwa ada kendaraan truck berukuran sedang mengangkut burung dengan menggunakan dus dan keranjang yang akan dibawa ke Bali. Atas informasi tersebut, anggota BKSDA berkoordinasi dengan Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar melakukan razia.

“Koordinasi dilakukan agar dapat dilakukan upaya paksa untuk mengamankan kendaraan truck tersebut saat memasuki kawasan pelabuhan Lembar sebelum menyebrang ke Bali,” ungkap Kapolsek KP3 Lembar Ipda Jasa Yulianto.

Rencananya burung yang sudah di serah terimakan dari Polsek KP3 Pelabuhan Lembar tersebut akan di lepas dialam liar di Kerandangan, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat.

Saat ini sopir truk berinisial MY warga Kediri,  Lombok Barat yang mencoba membawa ribuan ekor burung ke Bali sedang dalam proses pemeriksaan di Polres Lombok Barat.

Reporter : Agun Eka
Editor : Yermia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close