Inilah Sosok Bhabinkamtibmas Yang Dicintai Warganya

BRIPKA WINDARTO SH, SAAT MEMBATU PEMAKAMAN .

Sikur –  Polisi sebagai salah satu alat negara yang memegang peranan penting dalam mengemban tugas memelihara ketertiban dan keamanan Dalam hubungannya dengan masyarakat, polisi adalah pengayom dan pelindung masyarakat. Sosok polisi menjadi hal pertama yang akan diingat oleh masyarakat manakala terjadi gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Keamanan dan ketertiban masyarakat merupakan salah satu poin yang masuk dalam program promoter Kapolri, Jenderal Tito Karnavian. Ujung tombak dalam penguatan dan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat adalah Bhabinkamtibmas. Bhabinkamtibmas diharapkan mampu melakukan pembinaan kepada warga mengenai kesadaran hukum, membimbing warga untuk taat hukum, melindungi warga dari ancaman tindak kejahatan, serta menjadi fasilitator dan mediator di tengah – tengah masyarakat untuk memfasilitasi masyarakat yang berhubungan dengan kamtibmas sehingga dapat menyelesaikan masalah dengan musyawarah kekeluargaan / problem solving. Lebih jauh Bhabinkamtibmas mampu melakukan deteksi dini untuk mencegah adanya konflik yang membesar sehingga dapat meminimalisir adanya tindak kejahatan.

Bripka Windarto, SH, salah satu contohnya. Sebagai Bhabinkamtibmas Desa Sikur Selatan Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur, sosok Bripka Windarto, SH sebagai sosok yang sangat ramah, murah senyum sehingga begitu dikenal dan diakrabi oleh semua kalangan masyarakat Desa Sikur Selatan. Loyalitas, berdedikasi tinggi, disiplin, patuh pada pimpinan, bertanggung jawab dalam menjalankan tugas. Bripka Windarto, SH. adalah Putra Asli Jawa kelahiran Kabupaten Gunung kidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Angkatan 2000 Gelombang Pertama di Sekolah Polisi Negara Singaraja Bali.

Bripka Windarto, SH adalah tipe Bhabinkamtibmas yang ramah, sederhana, agamis, murah senyum, apabila bertemu dengan semua warga selalu menyalaminya, kreatif dan inovatif. Meski baru sekira tiga bulan menjabat Sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Sikur Selatan, namun sudah dekat dengan semua kalangan dan berhasil menyatukan semua kalangan yang sempat terpecah pasca Pilkades dengan terciptanya situasi yang aman kondusif.

Seperti saat pelaksanaan Pilkades Desa Sikur Selatan pada hari Rabu, tanggal (13/12/2017), Bripka Windarto, SH. selalu koordinasi dengan Ketua Panitia Pemungutan Suara Pilkades dan instansi terkait dan tak pernah diam keliling  melakukan pendekatan dengan bersilaturahmi ke semua calon, untuk memastikan seluruh proses berjalan sebagaimana mestinya dan tidak terjadi gejolak dalam pesta demokrasi di Desa itu sampai-sampai saat hari tenang dan malam hari H tidur di Kantor Desa.

Bripka Windarto, SH. sering menyambangi warga masyarakat untuk sekedar mendengarkan uneg-uneg/Shering dan keluh kesah warga, dan kemudian memberikan saran atau solusi terbaik. Dengan sebelumnya berlatang belakang tugas Reskrim, Bripka Windarto, SH jarang menemui kendala, jika tidak mampu diselesaikan, Bripka Windarto, SH. langsung berkoordinasi dengan pimpinannya untuk untuk memberikan solusi terbaik.

Saking dicintai masyarakatnya, Bripka Windarto, SH. mana kala setiap hari Jumat  sering dimintai oleh warga dan toga, toma, toda, Kadus, RT untuk menjadi Kahtib Jumat untuk menyampaikan ilmu agama dan himbauan kamtibmas.

Di kesempatan yang lain  Bripka Windarto, SH selalu berpesan kepada semua kepala dusun dan warga untuk menginformasikan apabila ada warga yang meninggal dunia, kegiatan adat nyongkolan, acara Pernikahan  atau permasalahan lainnya  agar disampaikan , contoh apabila setiap warga yang meninggal, Bripka Windarto, SH selalu datang melayat/takziah, membantu masyarakat menggali liang lahat, mensholatkan sampai membawa/mengusung jenazah dari Masjid sampai ke kuburan. Inilah yang membuat “Sosok Bhabinkamtibmas Bripka Windarto, SH menjadi panutan dan semakin dirindukan dan dicintai oleh masyarakat Desa Sikur Selatan. Figur polisi yang baik dan bisa menjadi panutan. Karena itu wajar jika kehadiran Bripka Windarto, SH. di tengah-tengah warga sering dinantikan dan dirindukan oleh mereka. Win.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close