Menjelang Malam Pergantian Tahun, Masyarakat Dihimbau Tidak Memarkir Kendaraan Sepanjang Jalan Senggigi

Giri Menang – Persiapan Pengamanan Malam Pergantian Tahun dan Perayaan Tahun Baru 2018 dibahas dalam Rapat Koordinasi Forkopimda Lombok Barat di Aula Jayengrana Kantor Pemda Lobar (27/12).

Rakor dihadiri oleh Bupati Lobar,  Kapolres Mataram, Kapolres Lobar, Dandim 1606 Lobar, Asisten Pemerintahan Kab. Lobar, Kabag Kesbangpol,  Para Kapolsek / Danramil Se-Kab. Lobar, SKPD , Para Camat, Kasat Pol. PP Pemda Lobar dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Lobar H.Fauzan Khalid, S.Ag, M.Si mengatakan bahwa apa yang telah di capai pada tahun 2017, agar ditingkatkan pada tahun 2018.

“Situasi kamtibmas di Lobar pada tahun 2017 betul-betul stabil dan tingkat kriminalitas  berkurang dan ini luar biasa,” katanya.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kab. Lobar mengucapkan yang sebesarnya kepada keluarga besar TNI/POLRI, tanpa keuletan dan kerja keras selama ini tidak mungkin kita capai hasil yang maksimal dalam menjaga kondisifitas Kab. Lobar,” imbuhnya.

Kemudian Dandim 1606 Let.Kol.Czni Djoko Rahmanto memaparkan tentang situasi wilayah Lobar menjelang tahun baru 2018.  Dandim menjelaskan kebutuhan akan pentingnya stabilitas kamtibmas yang  kondusif, dan menjelaskan kesiapan Kodim dalam pengamana Tahun Baru 2018.

“Personel telah diploting di lokasi Pos Pengamanan Terpadu Wilayah Lobar,” kata Dandim dalam paparannya. Kodim 1606 telah menempatkan personelnya di Pos Pam Senggigi, Pos Pam Gerung, Pos Rumak , Pos Narmada, Pos Lembar dan pasukan pam siaga serta melakukan kesiapan pam di Obyek wisata senggigi maupun lingsar .

“Upaya  yang dilakukan yaitu deteksi dini, koordinasi, mengatasi gangguan kamtibmas, pendekatan , penyuluhan, evaluasi , laksanakan pam, dan menghimbau kepada warga yang melaksanakan perayaan tahun baru dan seluruh masyarakat ikut berperan dalam menjaga kamtibmas,” imbuhnya.

Selanjutnya Kapolres Mataram  menyampaikan situasi dan kondisi kamtibmas khusnya pasca perayaan natal dan menjelang tahun baru khusus di wilayah narmada lingsar dan gunungsari.

“Secara umum situasi aman dan terkendali , pengamana dengan instansi terkait  dan membentuk Pos Pam di Narmada, kemudian pos pam di Gunungsari merupakan pintu masuk dan keluar ke arah Batulayar,” kata Kapolres Mataram.

Kemudian Kapolres Lombok Barat Akbp Heri Wahyudi, S.I.K mengatakan bahwa menurunnya Gangguan kamtibmas di Lombok Barat tidak tidak terlepas dari peran serta Babinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa. Pelaksanaan pengamanan malam Natal juga berlangsung aman dan lancar di perumahan di wilayah senggigi.

“Pada malam pergantian Tahun khususnya di wilayah di Lobar, pengaman dipusatkan di Batulayar dan Senggigi,” kata Kapolres Lobar.

Kapolres menjelaskan bahwa kerawanan yang kemungkinan terjadi antara lain ancaman teror,  handak/bom, penyalahgunaan narkoba, miras, kebakaran/pembakaran, terjadinya bencana alam, balap liar/ konvoi dan sebagai.

Kerawanan pada saat perayaan malam tahun baru diprediksi ada  tiga tempat diantaranya di Jalan Wisata Senggigi, penyebabnya adalah kemacetan/kecelakaaan akibat kurang sadarnya dari para pengendara, dan penambahan jumlah kendaraan yang tidak seimbang. Di Kecamatan Lembar yaitu peningkatan penggunaaan saranan laut dan di Kecamatan Gerung yaitu di Giri Menang Square (GMS).

“Sepanjang Wilayah Batulayar, akan dilakukan himbauan kepada warga untuk tidak ada parkir di jalan dan apabila terjadi penumpukan kendaraan, akan dilakukan penutupan atau pengalihan arus yang akan menuju senggigi untuk mengurai kemacetan lalulintas,” tutup Kapolres Lobar. Ag

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close