Menjelang Natal dan Tahun Baru, Kapolres Lombok Barat Soroti Kesiapan Pelabuhan Lembar Antisipasi Lonjakan Arus Penyeberangan

21 Desember, 2017
61 Views

Lembar – Menjelang Natal tahun 2017 dan Tahun Baru 2018, Polres Lombok Barat dan Instansi terkait melaksanakan Rapat Koordinasi kesiapan pengamanan Natal dan Tahun baru di wilayah hukum Polres Lombok Barat dalam Operasi Lilin Gatarin 2017. Kapolres Lombok Barat Akbp Heri Wahyudi, S.I.K menjelaskan kesiapan pengamanan Polres Lombok Barat beserta jajaran, yaitu akan membangun Pos pelayanan dan Pos Pengamanan selama pelaksanaan kegiatan Operasi. Sebanyak tiga Pos Pengamanan akan dibangun di Gerung, Kediri, dan Senggigi, sedangkan Pos Pelayanan dibangun di Pelabuhan penyeberangan lembar untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada mesyarakat yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru. Kapolres Menyoroti masalah parkir kendaraan di pelabuhan lembar, agar tidak terjadi penumpukan kendaraan hingga menyebabkan kemacetan lalulintas sehingga dapat mengganggu kenyamanan masyarakat pengguna jalan. Pada kesempatan itu, Kapolres mengharapkan agar Instansi terkait mendukung dalam upaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Terutama untuk mengantisisipasi cuaca yang dapat mengganggu penyeberangan kapal.

“Walau di prediksi untuk penumpang kapal tidak signifikan kenaikannya, kita antisipasi cuaca yang di khawatirkan akan mengganggu penyeberangan dari pada kapal yang akan dan dari ke Lombok,” ungkap Kapolres kepada peserta Rapat Koordinasi.

“Agar diantisipasi antrean kendaraan di Pelabuhan Lembar, saya sarankan agar di siapkan lokasi parkir kendaraan alternatif untuk antisipasi antrean kendaraan di sepanjang jalan,” kapolres menambahkan.

Kemudian Kabag Ops Polres Lombok Barat, Kompol I Nyoman Adi Kurniawan, SH memaparkan kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin gatarin 2017 kepada Peserta Rakor. Kabag Ops mengatakan bahwa, data tempat ibadah umat kristiani diwilayah hukum Polres Lombok Barat hanya di satu lokasi yaitu di Batu Layar. Dalam kesempatan itu dipaparkan Kegiatan pengamanan tahun baru, dan Prediksi Rawan Kemacetan. Dipaparkan juga bahwa selain antisipasi kepadatan arus kendaraan di wilayah senggigi, dalam perayan Tahun Baru juga antisipasi arus kendaran di seputaran bundaran GMS Gerung yang merupakan pusat dari masyarakat yang ingin meluangkan waktu merayakan Malam Tahun Baru di Lombok Barat.

“Sangat padat di GMS gerung ini, baik dari Lombok Barat maupun dari Lombok Tengah sehingga perlu dilakukan langkah-langkah antisipasi penumpukan kendaraan di sana,” ungkap Kabag Ops dalam paparannya.

Tentang kesiapan Pelabuhan Lembar, General Manager ASDP Yanus. L mengatakan bahwa untuk mengantisipasi lonjakan arus penyeberangan, pihaknya akan tetap berkoornisasi dengan Kapolsek KP3 Lembar dan PT. Pelindo III untuk menggunakan area parkirnya.

“Apabila terjadi penumpukan kendaraan, kami akan berkoordinasi dengan pihak Pelindo III untuk menggunakan area parkir Pelido III, sehingga diharapakan tidak ada penumpukan kendaraan yang menimbulkan antrean panjang di Pelabuhan Lembar,” ungkap Yanus..

“Kami juga mempersiapkan 34 Kapal dengan kapasitas terpasang sudah jauh lebih besar dan sudah memadai untuk angkutan kapal, dan terimaksih kepada Kapolsek pada pengamanan tahun lalu tidak terjadi penumpukan antrean kendaraan di pelabuhan Lembar” ungkapnya.

Selanjutnya untuk mengetahui perkembangan cuaca menjelang, mapun saat pengamanan perayaan Malam dan tahun baru, BMKG Lombok Barat meprediksi hujan masih mengguyur hingga malam saat perayaan tahun baru 2018. Pihak BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati, karena cuaca saat ini tidak menentu.

Kasat Lantas Polres Lombok Barat Iptu Lalu Panca memaparkan langkah-langkah antisipasi kepadatan arus kendaraan terutama saat perayaan malam tahun baru di Wilayah Senggigi.

“Kami telah berkoordinasi dengan Kasat Lantas Polres Mataram dan Kasat lantas Polres Lombok Utara bahwa apabila terjadi kepadatan arus kendaraan yang berpotensi menimbulkan kemacetan, akan dilakukan pengalihan arus di Montong dan wilayah Pemenang,” Kasat lantas menjelaskan.

“Himbauan juga akan kami sosialisasikan, agar tidak ada yang memarkir kendaraan di sepanjang jalan di wilayah senggigi,” imbuhnya.

Dalam sesi diskusi, instansi terkait menyatakan siap mendukung personel maupun kelengkapan yang dibutuhkan agar pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat berlangsung aman dan lancar.

You may be interested

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba di SMA Negeri 6 Mataram
Reskrim
shares0 views
Reskrim
shares0 views

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba di SMA Negeri 6 Mataram

DIT NARKOBA - Feb 21, 2018

[caption id="attachment_48285" align="alignnone" width="300"] Binluh Bahaya Lahgun Narkoba ke Sekolah[/caption] Mataram - Kasubag Min Bin Opsnal Direktorat Reserse Narkoba Polda…

Seorang Wanita Tertangkap Tangan Menyimpan Shabu Sebanyak 339.36 gram
Reskrim
shares2 views
Reskrim
shares2 views

Seorang Wanita Tertangkap Tangan Menyimpan Shabu Sebanyak 339.36 gram

DIT NARKOBA - Feb 21, 2018

Mataram - Tim Opsnal Sub Dit I Direktorat Reserse Narkoba Polda NTB yang dipimpin oleh AKBP Cheppy Ahmad Hidayat S.Ag…

Binkam
shares5 views

KUNJUNGAN KERJA WANTIMPRES KE MAKO DIT POLAIR POLDA NTB

Polair Polda NTB - Feb 21, 2018

[caption id="attachment_48277" align="alignnone" width="960"] foto bersama anggota Wantimpres, Wakapolda NTB dan Wadir polair Polda NTB bserta staff[/caption] Lembar - Direktorat…

Leave a Comment

Your email address will not be published.