Mengenal SM, Residivis Begal Yang Video Penangkapannya Sempat Viral Di Media Sosial

SM dan beberapa barang bukti (14/12)
SM dan beberapa barang bukti (14/12)

Praya – Sabtu (16/12) beberapa hari belakangan ini, warga dunia maya dihebohkan oleh video penangkapan 2 pelaku pencurian di wilayah Pantai selong belanak, Kecamatan Praya Barat. Dalam video yang berdurasi singkat tersebut terlihat dua orang pencuri motor yang tertangkap tangan oleh warga dilindungi oleh seorang Bhabinkamtibmas dari desa setempat dari amukan massa.

Salah satu diantara kedua pelaku yang tertangkap adalah SM (36) pria gempal yang cukup terkenal akan kelihaiannya dalam “beraksi”. Menurut penuturan Kepolisian Resor Lombok Tengah (Kapolres Loteng) AKBP Kholilur Rochman SH SIK MH melalui Kepala Satuan reserse Kriminal AKP Rafles P Girsang SIK salah satu pelaku memang merupakan residivis spesialis pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) dan pembegalan.

“SM ini adalah residivis yang sudah tertangkap sekitar tahun 2008 lalu. waktu itu umurnya baru berumur sekitar 18-19an tahun tapi sudah berhasil melakukan curanmor dengan mulus di beberapa TKP,” terang Kasat Reskrim.

Meski menjadi seorang residivis yang pernah mengenyam pahitnya hidup di bui, SM sama sekali tidak merasa jera bahkan makin mengganas dalam beraksi. Dulu ketika ditangkap pertama kali saat ia masih muda  ia hanya dapat menggasap 1 motor dalam sekali beraksi, di usianya yang kini hampir menginjak kepala empat sekali beraksi 2 – 3 motor digondolinya sekaligus. Aksinya pun tak sebatas di Lombok Tengah saja, beberapa Tempat Kejadian Perkara pencurian dan pembegalan motor di Lombok Timur SM ini adalah dalangnya.

Berikut bebrapa Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang dibeberkan oleh Kasat Reskrim sebagai hasil pengembangan kasus saudara SM.

  1. Begal Motor dengan TKP Desa Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur tanggal 14 November 2017
  2. Begal Motor dengan TKP Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur tanggal 13 November 2017
  3. Pada Tanggal 14 november 2017 di Kawasan Wisata Pantai Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat

“sementara hanya 3 lokasi ini saja lokasi pencurian yang didalangi oleh saudara SM, pihak kami masih melakukan pengembangan lebih lanjut terkait kemungkinan adanya TKP yang lain.” Beber AKP Rafles.

Penulis : Rozian

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close