Polisi Kini Terlibat Langsung Mengawasi Dana Desa

Direktur Reskrimsus Polda NTB Kombes Pol. Anom Wibowo saat memberikan arahan

Mataram – Penyerapan anggaran desa yang ada di NTB saat ini sudah melibatkan Polisi Desa alias Bhabinkamtibmas. Pengawasan itu merupakan perintah Kapolri Jenderal Polisi Drs. H.M. Tito Karnavian kepada jajarannya, sesuai dengan Nota Kesepahaman (MoU) antara Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Polri tentang pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan dana desa.

Dirreskrimsus Polda NTB Kombes Pol. Anom Wibowo kepada media menuturkan, konsep pengawasan yang dilakukan oleh pihaknya meruapakan kebanggaan tersendiri, karena telah mempercayakan institusi Polri sebagai pengawas.

“Bhabinkamtibmas yang berkantor di desa bisa mengawasi penggunaan dana desa, bila ada penyelewengan laporannya masuk di reserse,” ungkap Dirreskrimsus Polda NTB Kombes Pol. Anom Wibowo di Polda NTB, Selasa (21/11).

Dalam MoU ini berlaku selama 2 tahun ke depan, semenjak ditandatangani ketiga pihak yaitu Kemendes PDTT, Kemendagri dan Polri. Jika masa berlaku habis, maka dapat diperpanjang dengan catatan koordinasi antar pihak yang terikat paling lambat 3 bulan sebelumnya.

Setelah dilakukan penandatangan, Kapolri Jenderal Polisi HM. Tito Karnavian menginstruksikan, bahwa anggota Polri yang menjabat sebagai Kapolsek mulai saat itu diberi tanggungjawab mengawasi penggunaan dana desa. Pemberian tugas itu merupakan hasil kesepakatan antara Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Mendagri Tjahjo Kumolo, dan Mendes PDTT Eko Sandjojo.

Sebelumnya, ratusan Bhabinkamtbimas se-pulau Lombok, Kamis (9/11) pagi dikumpulkan di Hotel Puri Indah, Mataram. Mereka mendapatkan arahan sesuai dengan nota kesepahaman (MoU) yang telah ditandatangani Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian, tentang pencegahan, pengawasan dan penanganan masalah dana desa. (yos)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close