Kapolres Mataram Istiqomah Jadi Khatib sekaligus Imam Saat Shalat Jum’at

Kapolres Mataram AKBP Muhammad, SIK

Matararm – Hingga Jumat ini, (17/11) Kapolres Mataram AKBP Muhammad, SIK konsisten melakukan tugas mulia yang ia lakoni rutin setiap pekan. Kali ini, Kapolres bertandang ke Masjid Nurul Huda BTN Pepabri Pagesangan Baru, Mataram menjadi Khotib sekaligus Imam Shalat Jum’at.

Sepintas, siapapun tidak akan menyangka bahwa orang yang menjadi khotib adalah seorang aparat penegak hukum yang tersamarkan berkat kefasihan Kapolres dalam melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an, ditambah kepiawaiannya berceramah bak Ustad kondang.

Suasana menanti seruan iqomah sebelum menunaikan shalat berjama’ah terasa sejuk berkat siraman ruhani yang termuat dalam pesan-pesan hidup rukun, yang menjadi intisari khutbah Kapolres.

Usai memimpin rangkaian ritual shalat jum’at, kepada media Tribaratanews NTB Kapolres menuturkan, kegiatan yang ia laksanakan merupakan kewajibannya sebagai muslim dan sebagai pemimpin pengupaya keamanan di Kota Mataram.
“Ini tugas kami, Polisi, terlebih saya seorang muslim, dua tanggung jawab ini dipadu jadi satu, yaitu menebar kedamaian,” ujar Muhammad saat diwawancara.

“Polisi tugasnya adalah menjaga kedamaian, menjaga kerukunan, dalam rangkan menciptakan keamanan, nah islam yang merupakan rahmat semesta alam mewajibkan setiap penganutnya menebarkan cinta dan kasih sayang antar sesame, sehingga suasana damai itu bisa tetap terpelihara,” imbuhnya.

Inti ceramah yang disajikan Kapolres kepada seluruh jama’ah yang hadir tentang pesan penting memupuk toleransi.

“Di antara para jama’ah juga hadir tokoh-tokohnya, kami mengajak masyarakat untuk saling menghargai dan menghormati, jangan sampai ada perpercahan yang dapat memicu konflik sosial,” tukas Muhammad.

“Isu SARA, berita hoax, kami sampaikan, itu untuk mencegah masyarakat agar tidak terprovokasi oleh orang atau kelompok yang tidak bertanggung jawab,” jelasnya.

Memperkuat silaturahmi dalam khidmat shalat jum’at, Kapolres memberikan tali asih berupa jam dinding dan sejumlah uang tunai untuk membantu masjid yang sedang dalam proses renovasi. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close