Indikasi Polisi, Kalangan Pelajar di Bima Dekat Dengan Narkoba, Akibatnya Fatal!

ilustrasi

Mataram – Menanggapi beberapa kejadian tindak kriminalitas di Bima yang dilakukan kalangan pelajar, Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda NTB Kombes Pol. Dewa Putu Maningkajaya menduga penyalahgunaan narkoba menjadi motif oknum pelajar melakukan aksinya.

Dia menyatakan, aksi kejahatan didorong oleh ‘stimulan’ yang tidak wajar. Diduga, aksi  tersebut dilakukan bukan karena alasan kebutuhan ekonomi, namun lebih mengarah kepada ketergantungan obat-obatan terlarang.

“Menjelang akhir tahun, angka kriminalitas di NTB terbilang cukup tinggi, yang lebih memprihatinkan pelakunya kebanyakan dari kalangan pelajar,” ujar Karo Ops, Kamis (16/11).

“Modus yang digunakan benar-benar di luar nalar untuk pelaku yang notabenenya masih duduk di bangku sekolah, kita cermati ini, apa yang membuat mereka nekat melakukan aksinya,” imbuh Karo Ops.

Dikatakan Karo Ops, pihak kepolisian akan melakukan penyelidikan terkait kasus-kasus tindak kriminalitas yang terindikasi narkoba.

Tramadol diduga Karo Ops menjadi salah satu jenis obat-obatan terlarang yang digunakan, karena tramadol belakangan ini mulai merambah masuk di kalangan pelajar.

“Kami telah berkoordinasi dengan instansi terkait, termasuk juga ini perintah Kapolda, reserse segera selidiki kaitannya dengan rangsangan tramadol, apakah itu yang mendorong oknum anak-anak sekolahan itu berani bertindak jahat,” tukas Karo Ops.

“Jika benar, kita berantas obat-obatannya, dan ringkus para pengedar, hukuman ancaman pengedar tramadol sudah jelas, 15 tahun penjara,” tegasnya.

Kepada seluruh orang tua, Karo Ops mengimbau agar lebih memperhatikan pergaulan dan perilaku anak sehari-hari.

“Coba lebih diperhatikan lagi, bagaimana pergaulan anak kita, jangan terlalu dibebaskan, diawasi dan cari tau siapa temannya bergaul, jangan sampai malah bergaul dengan pengedar narkoba,” pungkasnya. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close