Aplikasi e-Penyidikan, Mudahkan Masyarakat Pantau Perkembangan Kasus

Mataram – Pelayanan Polri kepada masyarakat dalam memantau perkembangan kasus, saat ini semakin dipermudah. Masyarakat cukup install aplikasi e- penyidikan lewat gadget, perkembangan informasi tentang kasus bisa terpantau.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dir Reskrimsus) Polda NTB Kombes Pol. Anom Wibowo, aplikasi e-Penyidikan yang merupakan gerbakan dari Kabareskrim diluncurkan sejak apel kasatwil lalu.

“e-Penyidikan ini untuk mengkontrol dan mengawasi kinerja personil dalam melakukan tugas penyidikan, laporan para penyidik dapat diakses secara khusus oleh para kepala satuan penyidiknya,” ujar Anom dalam arahannya, Rabu (15/11).

“Maka pimpinan bisa monitor langsung melalui aplikasi tersebut laporan-laporan yang masuk, untuk mengetahui sejauh mana perkembangan kasus yang tengah digarap,” imbuhnya.

Dijelaskan Dir Reskrimsus, peluncuran aplikasi e-Penyidikan yang di-launching Kabareskrim Polri Komjen Pol. Ari Dono Sukmanto disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, itu artinya, penyidikan yang merupakan tugas Polri menjadi atensi orang nomor satu di negeri ini.

“Tantangan di era reformasi saat ini adalah kemajuan teknologi informasi yang berkembang begitu cepat sehingga setiap orang hampir semuanya sudah terbiasa memegang gadget,” jelas Anom.

“Keadaan ini disikapi dengan positif oleh Bareskrim Mabes Polri, masyarakat bisa mengakses informasi sejauh mana perkembangan kasus yang mereka laporkan melalui aplikasi e-Penyidikan” sambungnya.

Aplikasi tersebut dikatakan Anom sudah tersedia di google playstore dan dapat diunduh secara gratis.

“Lingkungan Reserse Narkoba, Kriminal Khusus, Kriminal Umum, Polres jajaran sampai dengan Polsek, semua perkembangan penyidikan dilaporkan ke aplikasi e-Penyidikan,” ungkapnya.

Dengan adanya moderniasi penyidikan yang dulunya hanya menggunakan tata naskah penyidikan, Dir Reskrimsus berharap seluruh penyidik makin meningkatkan profesionalitas baik dalam kinerja maupun pelayanan publik.

“Sekarang sudah bisa dilihat secara transparan bagaimana dan sejauh mana perkembangan penyidikan, baik oleh pimpinan maupun masyarakat, maka semestinya para penyidik juga harus lebih ‘canggih’ lagi dalam menyelesaikan suatu kasus,” pungkasnya. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close