Operasi Zebra Gatarin 2017 di NTB Nuntas, Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Berhasil Ditekan

analisa dan evaluasi operasi zebra gatarin tahun 2017

Mataram – Hari ini merupakan hari terakhir operasi kepolisian dengan sandi Zebra dilaksanakan oleh jajaran Polda NTB. Direktur Lalu Lintas (Dir Lantas) Polda NTB Kombes Pol. Arman Achdiat siang tadi, Selasa (14/11) melakukan analisa dan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan selama dua pekan tersebut.

Arman menyatakan, meski tidak sepenuhnya memenuhi target, pelaksanaan operasi zebra tahun ini secara keseluruhan dapat dikatakan berhasil.

Hal tersebut dinilai Arman berdasarkan banyaknya sasaran target operasi yang berhasil dicapai, terutama dalam menekan jumlah kecelakaan lalu lintas.

“Kalau dikatakan memenuhi target secara total sih belum, tapi sasaran target kita banyak yang berhasil dicapai, yang paling signifikan adalah tingkat kecelakaan lalu lintas di NTB akhirnya berhasil ditekan,” ujarnya saat diwawancara di Hanggar Polda NTB.

Dalam pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2017, tingkat kecelakaan lalu lintas berhasil ditekan hingga 38%, yang mana pada tahun 2016 terdapat sebanyak 21 kasus kecelaksaan lalu lintas sedangkan tahun 2017 hanya 15 kasus.

Dir Lantas menerangkan, persentase jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan hingga 60%.

“Dengan perolehan persentase yang cukup tinggi itu dalam menekan jatuhnya korban jiwa akibat kecelakaan maka pelaksanaan Operasi Zebra Gatarin 2017 tidak berlebihan jika kami anggap berhasil,” tukasnya.

Tidak hanya berhasil menekan angka kecelakaan, jajaran Polda NTB juga berhasil menciptakan suasana berlalu lintas dengan pengendara yang sudah mulai patuh hukum. Hal tersebut diungkapkan Dir Lantas berdasarkan jumlah pelanggar Operasi Zebra yang terjaraing berangsur menurun.

“Sebelumnya saya sudah perintahkan jajaran untuk maksimal dalam melaksanakan tugas, razia saja semua pelanggar yang memang terjaring melakukan pelanggaran tanpa pandang bulu,” ungkap Arman.

“Tapi ternyata masyarakat NTB berhasil membuktikan bahwa mereka adalah masyarakat yang patuh dan sadar hukum, karena jumlah pelanggar menurun dari pelaksanaan Operasi Zebra tahun lalu,” pungkasnya. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close