Pembinaan dan Pelatihan Calon Anggota Polri di Polres Lobar, Telah Memasuki Tahap Seleksi Kesamaptaan Jasmani

Lembar – Untuk membentuk sumber daya manusia Polri yang unggul dan berkualitas, Polres Lombok Barat bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat dalam pembinaan dan pelatihan calon anggota Polri yang berasal dari Kabupaten Lombok Barat. Ini tertuang dalam MoU Polres Lombok Barat dengan Pemda Lombok Barat tentang sistem penerimaan anggota Polri yang dilaksanakan dengan bersih, transparan akuntabel, dan humanis.
Kabag Sumda Polres Lobar Akp Nuraini mengatakan bahwa Polres Lobar telah melewati beberapa proses dalam kegiatan pembinaan dan pelatihan calon anggota Polri yang berasal dari Kabupaten Lombok Barat.
Tahap awal telah dilewati sebelumnya meliputi rapat pembentukan paniitia, Sosialisasi oleh kabag sumda dan para Bhabinkamtibmas kesekolah-sekolah, Pendataan putra/putri yang berminat menjadi anggota Polri, dan Penandatanganan MoU dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lobar. Sedangkan untuk tahap Seleksi yang telah dilaksanakan yaitu dari Pendaftaran dengan persyaratan yang telah ditentukan dengan jumlah animo 354 orang dan yang melakukan pendaftaran sejumlah 123 orang yang diawali dengan pengecekan tinggi dan berat badan. Seleksi kesehatan dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lobar menghadirkan dua dokter, dan empat perawat dari Rumah Sakit Umum Gerung yang didampingi Paur kes dengan peserta rikes sebanyak 101 orang, yang memenuhi syarat dari hasil seleksi tahap kesehatan sebanyak 96 orang, 22 tidak hadir pada saat rikes, sedangkan lima orang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat. Spesifikasi Pemeriksaan kesehatan dengan terdiri dari kepala, buta warna, Visu, THT, Tensi, Jantung, varikokel, hidrokokel, hernia, testis, ambeien, obsgyn, tangan, varises, bentuk kaki, dan bentuk telapak kaki
“ saat ini telah memasuki tahap pengenalan Tes Kesamaptaan Jasmani, dan di harapkan dapat memberikan gambaran kepada calon Siswa Pembinaan sehingga pada saat pelaksanaan Tes yang sebenarnya mereka telah mempunyai kesiapan, (13/11)“ ungkap Kabag Sumda disela-sela kegiatan pembinaan di Lapangan Jembatan Kembar Lembar.
Kabag Sumda juga mengatakan bahwa kegiatan serupa di laksanakan di seluruh Indonesia dan merupakan salah satu Program Kapolri. Dngan di laksanakannya pembinaan ini untuk mencari Sumber daya manusia yang berkualitas agar dapat bersaing di masing-masing wilayah.
Dalam kegiatan pembinaan dan pelatihan itu, Kasat Sabhara Polres Lobar Akp Burhanidin memberikan semangat kepada peserta.
“Adik-adik tetap semangat jangan menyerah, dan tingkatkan latihannya secara kontinyu selagi masih ada waktu,”. Ag

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close