Jelang Terbit Hasil Sidik Terduga Teroris, Wakapolda NTB : Tenang Saja, Penato’i Tetap Aman

Wakapolda NTB Kombes Pol. Drs. Tajuddin, M.H.

Mataram – Dikonfirmasi Wakapolda NTB Kombes Pol. Drs. Tajuddin, M.H., terkait perkembangan situasi di Penato’i, Bima, kampung halaman dari terduga teroris yang kini tengah disidik oleh Densus 88 di Jakarta, tetap dalam keadaan aman dan terkendali.

Wakapolda mengatakan, pihak keluarga bahkan kerap menghubunginya dengan komunikasi yang baik, menanyakan hasil penyidikan.

“Hasilnya belum keluar, tapi Polri tidak akan melewati batas waktu penyidikan yang telah ditentukan, kami dan pihak keluarga terduga teroris berkoordinasi dengan sangat baik,” ujar Wakapolda saat diwawancara selepas menutup perlombaan MTQ dan Tausyah Kebangsaan, Sabtu (11/11).

“Bahkan pihak keluarga selalu menceritakan kalau situasi di Penato’i tetap aman-aman saja,” imbuhnya.

Wakapolda menceritakan bahwa pihak keluarga bersepakat untuk tidak melakukan hal-hal yang akan membuat gaduh suasana keamanan dan ketertiban masyarakat, khususnya di Penato’i, walau apapun hasil penyidikan nanti.

“Mereka hanya menginginkan kepastian hukumnya, hanya ingin mengetahui bagaimana nasib keluarga mereka setelah disidik, selebihnya pihak keluarga tetap menerima,” jelasnya.

Disampaikan Wakapolda, penyidikan yang dilakukan oleh Densus 88 bersifat sangat tertutup, Polda NTB sifatnya hanya mem-‘back up’.

“Kita disini sifatnya hanya memperbantukan, karena kasus yang berkaitan dengan terorisme memang wewenangnya Densus 88, kita bantu dalam operasional dan penangkapan, tapi khusus untuk proses penyidikan tentunya dari densus sendiri yang memproses,” ungkap Wakapolda.

Situasi kamtibmas akan terus dimonitor langsung oleh Wakapolda, namun dirinya memastikan warga Penato’i dapat diajak bekerjasama dalan memelihara kondusifitas.

“Polri itu profesional dan sangat prosedural, ada aturan-aturannya, hasil sidik tidak akan melewati batas waktu, begitupun warga Penato’i, kami sangat yakin warga disana juga sangat profesional dalam hal memelihara keamanan di lingkungan sekitarnya,” pungkas Wakapolda. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close