Kisah Wakapolda yang Sempat “Lupakan” Al-Qur’an Inspirasi Digelarnya MTQ Polda NTB

Wakapolda NTB Kombes Pol. Drs. Tajuddin, M.H., saat membuka acara MTQ dan Tausyah Kebangsaan

Mataram – Diceritakan Wakapolda NTB Kombes Pol. Tajuddin, sekelumit kisah masa lalu tentang dirinya yang sempat ‘melupakan’ Al-Qur’an, beban hidup yang ia rasakan demikian penuh cobaan, namun ketika ia kembali mengakrabkan diri dan intens melantukan kalam-kalam suci Ilahi, progres perubahan hidup yang berdampak pada dirinya menjadi jauh lebih baik.

“MasyaAllah, Keajaiban Alqur’an benar-benar saya rasakan, terjadi dalam kehidupan saya, saya berdiri di hadapan para hadirin sekalian sebagai Wakapolda NTB ini, semuanya berkat Allah melalui keajaiban kalam-kalam-Nya (Alqur’an),” Ujar Tajuddin, Kamis (9/11) di hadapan tamu undangan, pejabat utama, para peserta MTQ dan seluruh personil Polda NTB.

Sembari membuka acara Musbaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Tausyah Kebangsaan tingkat Polda NTB dengan tema ‘Dengan Pembinaan Rohani dan Mental Personil Polda NTB, Kita Tingkatkan Keyakinan dan Pemahaman Al-Qur’an serta Menanamkan Nilai-nilai Nasionalisme guna Mencegah Konflik Sosial dan Memperkokoh NKRI’, Wakapolda mengingatkan, jangan pernah melupakan Alqu’ran walau hanya sejenak dan jangan tidak membacanya walau hanya sehari.

“Setiap hari harus kita baca Kitab Suci ini, minimal ba’da maghrib sampai menjelang isya’ dan sehabis shalat shubuh, ini agar kita sadar dan paham nilai-nilai nasionalisme melalui pemahaman Al-Qur’an,” tukasnya.

Melalui gagasan Kapolda NTB sebagai pencetus ide tergelarnya acara yang akan dilaksanakan hingga tiga hari kedepan ini, tersemat tujuan untuk mengubah ‘mindset’ dan ‘culture set’ masyarakat dengan paduan antara mengilhami Al-Qur’an dan pemahaman rasa cinta tanah air.

Selaras dengan itu, dalam laporannya sebagai ketua pelaksana, Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda NTB Kombes Pol. Eka Satria Bhakti mengungkapkan bahwa dirinya sangat antusias menyelenggarakan kegiatan MTQ dan Tausyah Kebangsaan mengingat nilai yang terkandung dalam acara tersebut dapat menghasilkan meningkatnya kualitas iman.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memperkokoh NKRI dalam balutan iman, sehingga kebhinnekaan bisa berjalan sesuai dengan cita-cita persatuan dan kesatuan bangsa ini,” ujarnya.

Dalam acara yang pembukaannya diawali dengan Kalam Illahi oleh Ustad Ilham Kholid S.Ag yang kemudian dipuitisasikan terjemahannya oleh Iptu Hj. Fatimah, dipartisipasi sebanyak 67 peserta, dengan rincian 39 peserta MTQ dan 28 sisanya unjuk kebolehan mentausyahkan nilai kebangsaan.

Tampak di kursi undangan, Ketua MUI NTB Prof. H. Syaiful Muslim, Ketua FKUB NTB H. Syahdan Ilyas, Ketua PW NU NTB TGH. Achmad Taqiuddin Mansyur, M.Pd.I, Ketua PW Muhammadiyah NTB H. Falahuddin, Ketua GP Anshor Zamroni Azis, Ketua Pimpinan Ponpes se-Nusa Tenggara Barat TGH. Safwan Hakim, Pimpinan Ponpes Qomarul Huda TGH. L. Turmuzi Badaruddin, Tokoh Agama, Dewan Juri dan Dewan Hakam.

Kakanwil Kemenag Prov. NTB H.Nasaruddin, S.Sos, M.Pd.I, dalam kesempatannya memberikan sambutan, mengapresiasi kegiatan bertajuk agama yang baru kali diselenggarakan oleh pihak kepolisian dengan tingkat selevel Provinsi.

“Kami sangat mengapresiasi setinggi-tingginya atas pelaksanaan kegiatan ini, apalagi tujuan kegiatan ini salah satunya meningkatkan kecintaan terhadap Al Quran sebagai Kalamullah. Indonesia sebagai negara yang majemuk dan kemajemukan itu sebagai takdirnya,” ujarnya.

“Pancasila juga mengandung nilai – nilai yang terkandung di dalam Al-Quran, maka nilai ini yang harus kita amalkan di tengah masyarakat Indonesia yang memiliki beragam karakter dengan suku, budaya dan agama yang berbeda” imbuh Nasaruddin.

Wakapolda berharap, melalui kegiatan binrohtal tersebut, seluruh masyarakat di NTB membudayakan membaca Alqur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya sudah buktikan keberkahan membaca rutin Al-Qur’an, saya mendapatkan ketentraman dan rejeki yang tidak saya perkirakan sebelumnya, jika masyarakat di NTB juga turut mengamalkan ini, insyaAllah NTB yang aman dan tertib bisa kita wujudkan bersama,” pungkasnya. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close