Operasi Zebra, Polisi di Polda NTB juga Diperiksa Kelengkapan Berkendaranya

staf provos ketika periksa kelengkapan personil

Mataram – Tidak hanya menertibkan masyarakat dalam berlalu lintas, pihak kepolisian juga berupaya melakukan penertiban ke dalam (kepada personil), sebagai wujud pengimbangan terhadap operasi zebra gatarin 2017.

Kepala Sub Bidang Provos Bidang Profesi dan Pengamanan (Kasubbid Provos Bid Propam) Polda NTB Kompol Fauzan Wadi memimpin pelaksanaan kegiatan penegakkan dan penertiban kedisiplinan (gaktiblin) terhadap seluruh personil Polda NTB.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari itu, Kasubbdi Provos menyasar kelengkapan personil, penampilan, juga kelengkapan kendaraan untuk ditertibkan.

“Kelengkapan identitas personil, kerapiannya, kelengkapan atribut yang digunakan, juga kelengkapan kendaraan baik secara fisik maupun administratif,” ujar Fauzan saat diwawancara, Rabu (8/11).

Dia menegaskan bahwa dirinya beserta staf provos akan memberikan tindakan kedisiplinan bagi personil yang melanggar atau tidak membawa kelengkapan diri.

“Bagaimana kita bisa menertibkan orang lain kalau kita sendiri saja tidak tertib,” tegas Fauzan.

“Lengkapilah diri kita terlebih dahlu sehingga masyarakat percaya, sehingga kita pantas melakukan penertiban dan penegakkan ke luar,” tukasnya.

Menjadi perhatian Kasubbid Provos, bagi personil yang membawa senjata api (senpi) hendaknya memperhatikan masa berlaku legalitas penggunaan senpi.

“Jika didapati kartu senpinya mati, otomatis senpi langsung ditarik karena tidak mematuhi aturan penggunaan,” jelasnya.

Polisi berpangkat Komisaris itu berharap, setelah dilakukan penertiban ke dalam, personil bisa menjadi lebih tertib sehingga memenuhi kebijakan Kapolri yang tertuang dalam quick wins Polri, yakni Polisi sebagai pelopor revolusi mental dan tertib sosial di ruang publik.

“Setelah ini kami berharap, Polisi bisa menjadi pelopor, terutama menjadi panutan kedisiplinan bagi masyarakat,” pungkasnya. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close