Musim Hujan Tiba, Polda NTB Beri Tips Aman Berkendara

ilustrasi berkendara aman saat hujan

Mataram – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) resmi mengumumkan wilayah NTB telah memasuki musim penghujan.

Kabid Humas Polda NTB AKBP Tribudi Pangastuti mengimbau agar para pengguna jalan lebih berhati-hati dalam berkendara.

“Beberapa hari terakhir NTB diguyur hujan lebat, karena memang sudah masuk musim penghujan, masyarakat khususnya para pengendara tolong lebih hati-hati lagi,” imbau Tribudi, Senin (6/11) saat ditemui di ruang kerjanya.

Demi lancarnya masyarakat dalam berkendara meski kondisi di jalan raya tengah diguyur hujan, Kabid Humas memberikan beberapa tips berkendara aman.

Pertama, sebelum berangkat, masyarakat hendaknya memastikan kondisi fisik kendaraan, seperti lampu, tekanan udara dalam ban, kemudi, pedal rem, gas maupun kopling.

“Diperiksa semuanya, pastikan masih berfungsi dengan baik, nyalakan lampu utama di siang hari, apalagi kalau sudah turun hujan, dapat membantu jarak pandang yang terbatas akibat hujan,” terangnya.

Kedua, gunakan atribut yang dapat menyokong kestabilan tubuh ketika hujan.

“Pakai alas kaki yang tidak licin, siapkan jas hujan di dalam bagasi, tapi jangan yang ponco, pakai jas hujan yang terpisah, untuk baju dan celana, lebih aman, dan upayakan berwarna terang,” tutur Kabid Humas.

Ketiga, perhatikan tata cara berkendara.

“Kurangi kecepatan agar tidak tergelincir, jaga jarak untuk antisipasi kendaraan di depan yang berhenti mendadak, jangan asal salip, jangan sembarangan terobos genangan air,” ujar Kabid Humas.

Terakhir, jika hujan sudah sangat lebat, Kabid Humas tekankan agar berhenti sejenak dan mencari tempat untuk berteduh.

“Kalau sudah sangat lebat, jangan lanjutkan perjalanan, menepi di tempat teduh tapi jangan di bawah pohon, karena pohon bisa tumbang karena angin kencang maupun sambaran petir,” tukasnya.

Selebihnya, Kabid Humas berharap, masyarakat dapat mematuhi segala instruksi yang diberikan oleh pihak kepolisian.

“Harapan kami, masyarakat patuhi segala imbauan yang diberikan, agar dapat meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan,” pungkasnya. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close