Klik E-Lapor! Adukan Semua Keluhan tentang Kinerja Polri

Irwasda Polda NTB Kombes Pol. Ismail Bafadal membuka acara sosialisasi

Mataram – Polri membuka ruang bagi publik untuk mengkritisi kinerja kepolisian. Masyarakat diberikan kesempatan mengemukakan pendapat maupun keluhan terhadap pelaksanaan tugas Polri di lapangan.

Dikatakan Irwasda Polda NTB Kombes Pol. Ismail Bafadal, kegiatan sosialisasi Dumas (pengaduan masyarakat) Online dan Aplikasi ‘E-Lapor!’ oleh tim itwasum Polri kepada operator jajaran fungsi pengawasan Polda NTB, bertujuan untuk memperkuat pengawasan terhadap kinerja anggota Polri guna membangun institusi menjadi lebih baik.

“Kita juga butuh masyarakat untuk membangun institusi kita menjadi lebih baik lagi, penilaian publik dalam bentuk kritik dan saran bisa diaspirasikan melalui aplikasi berbasis media sosial ini,” ujar Irwasda, Senin (6/11) di Ruang Rapat Biro Operasional Polda NTB.

“Agar institusi kita bisa berbenah sejalan dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat,” imbuhnya.

Dijelaskan Irwasda, selain dalam bentuk aplikasi ‘E-Lapor!’ yang dapat diunduh secara gratis di Google Playstore, masyarakat juga bisa dengan mudah menyampaikan aduan untuk membantu tugas itwasda (inspektorat pengawasan daerah) dalam mengawasi anggota Polri melalui website ‘LAPOR!’ (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) dengan mengklik link ini https://lapor.go.id.

“E-Lapor!, kini sudah ditetapkan sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) berdasarkan peraturan menteri (permen) pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi No. 3 tahun 2015,” tukas Irwasda.

“Sudah terintegrasi dengan seluruh Polda, agar penyelesaian pengaduan masyarakat dapat ditangani dengan lebih cepat dan masyarakat yang melapor bisa terus memantau perkembangan dumasnya,” terangnya.

Selaku ketua tim sosialisasi, Kabag Dumas Biro Renmin Itwasum Polri Kombes Pol. Drs. Bambang Suharno, juga menjelaskan, tujuan sosilisasi untuk mensingkronkan program Nawa Cita Presiden Jokowi dan Program Promoter (profesional, modern, terpercaya) Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian.

Dia kemukakan bahwa pelayanan Polri kini berada pada transisi menuju modern, untuk lebih memudahkan masyarakat dalam mengakses setiap layanan kepolisian.

Itwasum yang berperan sebagai pengawas dalam tubuh Polri, menganggap perlu untuk meluncurkan aplikasi berbasis android kepada publik.

“Berawal dari Nawa Cita Presiden yang ingin mewujudkan Indonesia berlandaskan gotong royong, kemudian tindak lanjut Kapolri melalui Promoternya, maka mari, kita gotong royong bangun institusi ini berdasarkan masukan dari masyarakat dengan basis teknologi yang modern,” pungkasnya. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close