Polisi Amankan Pelaku Pencurian di PT. AMNT Sumbawa

ilustrasi penangkapan pelaku pencurian

Mataram – Anggota Brimob yang sedang melaksanakan tugas pengaman di PT. AMNT Sumbawa Barat bersama dengan Security perusahaan berhasil mengamankan ISN (18) salah satu dari tiga pelaku pencurian, penangkapan ini bermula ketika tersangka dipergoki sedang memotong kabel body mobil yang ada di parkiran bus PT. AMNT pada sabtu (4/11) pagi hari kemarin.

Sehari sebelumnya, Jumat (3/11) sekitar pukul 08.00 Wita tersangka ISN asal Desa Mantun, Kecamatan Maluk Sumbawa Barat bersama dengan dua rekannya yakni AG dan GS bersama-sama berangkat menuju tempat pembuangan sampah di Desa Tongo. Sampai dilokasi tersebut kemudian mereka mengambil sebuah terpal yang sudah tak terpakai lagi.

Saat mengambil terpal tersangka melihat seseorang sedang berjalan sambil memikul gulungan kabel tembaga kemudian mereka menanyakan “dimana ambil kabel itu pak?” dan dijawab “disana ditempat parkiran mobil”,  selanjutnya tersangka bergegas menuju parkiran bus yang lokasinya tidak jauh dari tempat mereka mengambil terpal.

Ditempat parkir tersebut para tersangka mengambil sebuah accu mobil yang sudah tak terpakai lagi kemudian mereka membawanya dan menyembunyikannya dipinggir tebing, setelah itu mereka kembali keparkiran dan mengambil koop mesin serta kabel body mobil, namun sayang aksi mereka ketahuan oleh security.

“Melihat security datang para tersangka melarikan diri tanpa membawa hasil curian mereka” ucap Kasubbag Humas Polres Sumbawa Barat AKP Suwardi melalui via telephone.

Mengetahui adanya percobaan pencurian tersebut, kemudian saksi Gobu Balo Patila security perusahaan melaporkannya kepada anggota Brimob yang saat itu juga bertugas melaksanakan pengamanan di PT. AMNT. Dari pengamatan petugas diperkirakan para pelaku akan kembali lagi sebab pelaku belum sempat membawa hasil curiannya.

Ternyata benar, keesokan harinya Sabtu (4/11) sekitar pukul 09.00 Wita para pelaku kembali ke TKP parkiran bus, dimana tersangka ISN dan GS memotong kabel body bus dengan menggunakan pisau cutter sementara AG menunggu diatas sepeda motor. “Para pelaku datang lagi TKP dan bagi tugas, dua orang ambil barang dan satunya lagi mengawasi dari atas motor” tambah Suwardi.

Ketika mereka sedang memotong kabel, petugas yang mengawasi aksi mereka langsung melakukan penangkapan dan berhasil mengamankan ISN sedangkan dua pelaku lainnya berhasil melarikan diri. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya kemudian pelaku diamankan ke Polres Sumbawa Barat untuk dilakukan proses hukum.

“Saat ini tersangka ISN sedang diproses hukum sedangkan dua rekannya yang berhasil kabur identitasnya sudah diketahui dan masih dilakukan pengejaran“ pungkasnya. (yos/wea)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close