Direktorat Polair Polda NTB Bina Resimen Mahasiswa Berjibaku dengan Laut

instruktur Dit Polair Polda NTB sedang memberikan arahan

Mataram –Resimen Mahasiswa NTB dengan anggota sebanyak 144 orang, Sabtu (4/11) mendapat pendidikan dan pelatihan (diklat) oleh Direktorat Polisi Perarain (Dit Polair) Polda NTB seputar pencegahan tindak pidana dan penanganan SAR Laut.

Dipimpin Kepala Satuan Patroli Daerah (Kasatrolda) Dit Polair Polda NTB AKBP Dewa Wijaya, diklat tersebut bertujuan untuk mempersiapkan perangkat keamanan sebagai wakil dari kepolisian untuk turut menjaga keselamatan masyarakat khususnya di wilayah perairan.

“Seperti yang kita ketahui, keberadaan aparat keamanan sangat dibutuhkan di tengah masyarakat, terutama yang kaitannya dengan pencegahan tindak kejahatan dan penyelamatan darurat,” ujarnya via telewicara.

“Mereka kami latih dengan tujuan sebagai ‘back up’ jika sewaktu-waktu terjadi situasi darurat,” imbuhnya.

Bertempat di Pantai Cemara, Lembar, Lombok Barat, beberapa anggota Polisi Perairan yang telah ditunjuk sebagai instruktur terlihat memperagakan perfomanya sebagai aparat yang tugasnya berjibaku dengan laut.

“Mitigasi bencana menjadi inti materi kami, karena manajemen langkah awal dalam menghadapi bencana yang mungkin terjadi di laut itu dibutuhkan sinergitas bersama dengan pihak lain, termasuk bersama mahasiswa yang sudah tergabung dalam resimen ini,” terangnya.

Khusus materi pencegahan tindak pidana di wilayah perairan, Kasatrolda menjelaskan, setidaknya resimen mahasiswa tersebut dapat menjadi tauladan bagi mahasiswa lain dan masyarakat agar tidak melakukan tindak kejahatan.

“Jika belum mampu menjadi pelopor pencegah, minimal mereka bisa menjadi tauladan dan pengingat bagi teman-teman ataupun kerabatnya, mungkin ada yang sempat terlintas dalam benak ingin melakukan suatu tindak pidana di wilayah perairan, jadi mengurungkan niat,” jelas Ajun Komisaris Besar Polisi tersebut.

Dalam kesempatannya memberikan diklat pagi tadi, Kasatrolda juga mensosialisasikan aplikasi android ‘Mata Dewa’ yang dapat diunduh di Playstore, untuk membantu pemantauan dalam rangka pencegahan tindak pidana di wilayah perairan NTB.

Dia berharap, resimen mahasiswa dapat memberikan pemahanan dan keteladanan kepada masyarakat, agar semakin patuh dalam menaati hukum, khususnya peraturan yang berlaku di wilayah perairan. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close