Polda NTB Latih Calon Siswa Polisi, Ini Tujuannya…

Kepala Biro Sumber Daya Manusia Polda NTB Kombes Pol. Eka Satria Bhakti

Mataram – Bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, Polda NTB membuka peluang bagi putera dan puteri terbaik bangsa yang berminat untuk bergabung menjadi anggota Polri untuk dilatih khusus sebelum menjalani seleksi rekrutmen Kepolisian.

Dijelaskan Karo SDM Polda NTB Kombes Pol. Eka Satria Bhakti, mulai hari Sabtu (4/11) para pemuda dan pelajar yang sudah mendaftarkan diri, bisa mengikuti pelatihan dan pembinaan dalam menghadapi tes rekrutmen Polri.

“Seluruh Polres sudah sosialisasikan ke sekolah-sekolah, sudah sekitar 200 orang yang mendaftar,” ujar Karo SDM dalam arahannya, Jumat (3/11).

Dijelaskan Karo SDM, kegiatan tersebut merupakan perintah langsung dari Mabes Polri dalam rangka pengkaderan personil yang lebih berkualitas.

“Ini upaya kepolisian agar memperoleh calon anggota yang berkualitas, maka para pemuda dan pelajar berprestasi kita latih agar lebih siap menghadapi tes,” jelasnya.

“Karena kebanyakan mereka gagal bukan karena tidak memiliki kompetensi, namun karena tidak mengetahui seperti apa tes yang akan mereka hadapi,” imbuhnya.

Namun demikian, Karo SDM membantah, para peserta yang mengikuti pelatihan dan pembinaan akan diluluskan secara otomatis saat pelaksanaan rekrtumen kelak.

“Kalau mereka tidak memenuhi syarat saat pelaksanaan rekrutmen yang sesunggugnya ya jelas tidak kita luluskan, ini hanya pelatihan dan pembinaan bukan kesempatan mengambil ‘jatah’,” terangnya.

Pelatihan dan pembinaan akan diselenggarakan hingga bulan Maret 2018 mendatang atau sepekan sebelum dimulainya rekrutmen.

Karo SDM berharap, dengan adanya pelatihan dan pembinaan, Polri mendapatkan SDM yang memiliki kualitas.

“Pelajar berprestasi, entah secara akademik atau olahraga, atau prestasi lainnya, intinya agar Polri mendapat penerus yang lebih baik,” pungkasnya. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close