Diawasi dan Diperiksa, Itwasda Polda NTB Malah Temukan Terobosan Kreatif Jajarannya

Wakapolda NTB Kombes Pol. Drs. Tajuddin, M.H., saat memberikan sambutan

Mataram – Kegiatan pengawasan dan pemeriksaan internal rutin Polda NTB terhadap kinerja anggotanya telah rampung, hasil yang diperoleh patut diacungi jempol. Itwasda (Inspektorat Pengawas Daerah) Polda NTB yang berperan sebagai ‘eksekutor’ dalam kegiatan tersebut malah mendapati banyak terobosan kreatif yang telah dilaksanakan oleh jajarannya.

Sebagai Ketua pelaksana, Irwasda (Inspektur Pengawasan Daerah) Polda NTB Kombes Pol. Ismail Bafadhal dalam acara taklimat akhir, Jumat (3/11) mengemukakan, beberapa temuan positif dan terobosan kreatif tersebut bahkan telah memperoleh piagam pengharagaan.

“Kami sangat mengapresiasi kinerja anggota beserta beragam terobosannya, yang diharapkan institusi memang inovasi-inovasi seperti ini,” ujar Irwasda dalam sambutannya.

Disebutkan Irwasda, satker (satuan kerja) inovatif tersebut antara lain, Bidang TI (Teknologi Informasi) Polda NTB, dengan inovasi pelayanan publik berbasis TI yakni aplikasi ‘Gatarin Sakti’, memiliki fitur panic button, e-bhabin, e-complain, e-public (pengaduan, SPSHP, SIM online, SKCK online), e-lantas (RC. Polda, cctv online), e-news, dan call center 110.

Kemudian, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda NTB mendapatkan tiga penghargaan.

Pertama, Satuan tugas pangan, pada tanggal 5 Juli lalu, berhasil memperoleh penghargaan nasional dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia sebagai ‘Satgas Pangan Berkinerja Terbaik ke-7 dalam Pengamanan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan tahun 2017’.

Kedua, Satuan tugas merkuri, sampai dengan Bulan November 2017 konsisten menduduki peringkat ke-2 dalam penanganan perkara tindak pidana pertambangan batu sinabar dan peredaran merkuri tanpa izin di wilayah Mataram, Lombok Barat, Lombok Timur dan Sumbawa Barat.

Ketiga, Korwas PPNS, pada tanggal 19 September 2017 lalu, menerima penghargaan dari Kabareskrim Polri sebagai ‘Peringkat ke-3 Pembina Teraktif Korwas terhadap PPNS tahun 2017 Jajaran Polda NTB se-Indonesia’.

Juga Direktorat Lalu Lintas (Dit Lantas) Polda NTB dengan aplikasi ‘Regident Center’ yang merupakan layanan kepolisian berbasis android, berisi segala informasi tentang pelayanan regident (BPKB, STNK, STCK, SIM, cek fisik, TNKB, Jasa Raharja, Bapenda dan Forensik).

Serta Polres Lombok Timur, dengan aplikasi ‘Simpatik (sistem pelayanan terpadu inovasi kepolisian)’ yang merupakan layanan kepolisian berbasis android dan website, untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan-pelayanan patroli.

Sebagai aparat pengawas internal pemerintah (APIP), Irwasda berharap, terobosan kreatif tersebut dapat dijadikan acuan oleh satker lain dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close