Wasrik di Polda NTB Nuntas, Hasil Dinilai Baik

Irwasda Polda NTB Kombes Pol. Ismail Bafadal

Mataram – Kegiatan pengawasan dan pemeriksaan (wasrik) rutin yang dilaksanakan oleh Itwasda Polda NTB terhadap kinerja operasional, manajemen sumberdaya manusia dan laporan keuangan seluruh satuan kerja di lingkungan Polda NTB telah dinyatakan selesai dengan ditandai taklimat akhir yang akan dilaksanakan pada hari Jum’at (3/11).

Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda NTB Kombes Pol. Ismail Bafadal, selaku ketua pelaksanaan wasrik menilai, keseluruhan objek yang berorientasi tehadap kinerja beserta laporan hasil pelaksanaan tugas seluruh satker Polda NTB sudah dilaksanakan dengan baik.

“Rangkaian pelaksanaan wasrik telah selesai, kemarin terakhir di Polres Lotim,” ujar Irwasda dalam arahannya, Kamis (2/11).

“Secara umum, kinerja sudah cukup baik,” imbuhnya.

Beberapa temuan, meski bukan hal yang fatal, digaris bawahi Irwasda untuk dilakukan penertiban dan pembenahan kedepan, seperti pengelolaan barang bukti dan senjata api.

“Saya menggaris bawahi pengelolaan barang bukti dan senpi yang perlu diatur lebih tehnis lagi,” tuturnya.

“Barang bukti narkoba itu, salah satu yang harus diperhatikan agar lebih berhati-hati dalam pengelolaannya,” jelas Irwasda.

Irwasda mengatensi, baik barang bukti maupun senjata api tidak boleh hilang. Untuk itu, pemeliharaan, perawatan serta tempat penyimpanan harus diperhatikan dengan lebih seksama.

Ditekankan Irwasda agar Kasatker yang bertanggung jawab dalam pengelolaan barang bukti dan senjata api untuk mengecek kembali serta memperhatikan SOP pengelolaan.

Dari sistem laporan keuangan, secara umum, berdasarkan beberapa proyek yang telah dicermati, juga dinilai Irwasda sudah cukup baik.

Dia menjelaskan bahwa pihaknya bertanggung jawab terhadap laporan keuangan, jika ditemukan peruntukan yang tidak sesuai, maka uang negara harus dikembalikan.

Itwasda Polda NTB ingin memastikan bahwa uang negara yang dikelola akan tetap diawasi dan telah didistribusikan tepat sasaran.

“Saya mengajak kepada kita semua, uang negara yang kita kelola harus kita atur betul seusai penggunaannya,” jelas Irwasda.

Setelah ini, Itwasda Polda NTB akan melaksanakan taklimat akhir dalam rangka penyampaian temuan-temuan secara garis besar untuk dijadikan acuan sebagai bahan pembenahan dan pembinaan kedepan. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close