Polair Polda NTB Selamatkan Puluhan Ribu Bibit Lobster di Perairan Ekas

Anggota Dit Polair Polda NTB bersama masyarakat saat melakukan pemusnahan alat tangkap bibit lobster

Mataram – Direktorat Kepolisian Perairan Polda NTB bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, anggota Polsek Jerowaru, anggota Bhabinkamtibmas serta didukung oleh masyarakat sekitar menggelar operasi penyitaan 16 unit alat tangkap bibit lobster (pocong) di delapan keramba dari perairan wilayah Ekas, Lombok Timur.

Direktur Polair Polda NTB Kombes Pol Edwin Rachmat Adikusumo melalui Kasatrolda Dit Polair Polda NTB AKBP Dewa Wijaya menerangkan, meskipun alat tangkap yang diamankan jumlahnya belasan, namun dapat mencegah penyelundupan puluhan ribu bibit lobster karena diketahui satu unit alat mampu menangkap ribuan bibit lobster.

“Jumlah belasan unit yang kami musnahkan itu telah menyelamatkan puluhan ribu bibit lobster dari tindak penyelundupan,” jelas Dewa di Mataram, Rabu (1/11).

Menurutnya, tindakan yang dilakukan pihaknya merupakan upaya untuk mencegah tindak pidana penyelundupan bibit lobster ke luar NTB.

“Lebih baik mencegah daripada mengobati. Daripada terus menangkap pelaku penyelundupan bibit lobster, sekarang kami lebih baik mencegah dari akarnya. Inilah salah satu langkah kami,” ujarnya.

Dewa juga menghimbau kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam mencegah tindak pidana di wilayah perairan NTB dengan cara menggunakan aplikasi Mata Dewa dari Dit Polair Polda NTB.

“Silahkan download aplikasi Mata Dewa dari Playstore dan ikut menjaga perairan kita dari tindak pidana dan kerusakan lingkungan. Setiap laporan yang masuk pasti segera kami tindak lanjuti,” pungkasnya. [hoff]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close