Polisi Bekerjasama dengan Warga Hentikan Peredaran Merkuri di NTB

ilustrasi merkuri

Mataram – Menghentikan peredaran merkuri di NTB, Polda NTB akan menggandeng  seluruh lapisan masyarakat. Bagi ada yang menemukan atau masih menyimpan, disarankan baiknya melaporkan dan menyerahkan kepada pihak kepolisian.

“Bila ada diantara rekan-rekan yang rekannya mempunyai bahan kimia jenis merkuri bisa diserahkan barang buktinya, kami tidak akan proses,” ungkap Wadir Reskrimum Polda NTB AKBP I.G.P.G. EKAWANA PRASTA SIK di Polda NTB, Selasa (31/10)

Hal itu disampaikan Wadir mengusung instruksi Presiden Indonesia Joko Widodo yang beekomitmen di tahun 2018 nanti Indonesia bakalan bebas penggunaan merkuri.

“Saya berharap rekan-rekan yang ada di lapangan bila menemukan atau mendapatkan ada masyarakat yang melakukan penyalahgunaan merkuri bisa melaporkan untuk menghentikan penggunaannya,” tambahnya.

Menurutnya wilayah NTB merupakan potensi pengguna merkuri yang cukup besar. Hal itu dinilai dari melihat beberapa tambang aktif warga yang masih berlangsung  dibeberapa tempat seperti Lombok Barat, Lombok Tengah, Sumbawa Barat dan Sumbawa Besar.

“Sampai akhir ini kita ada memproses delapan kasus, tujuh diantaranya ditangani Polda NTB, sisanya Polres Sumbawa,” lanjutnya.

Mantan Kapolres Bima ini juga berharap, NTB yang menjadi bagian gugusan wilayah tenggara di Indonesia tahun 2018 bebas merkuri dan peredarannya.

“Saya berharap tahun 2018 mendatang NTB bebas merkuri,” imbuhnya. (yos)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close