Dua Kawanan Pembobol ATM di Lombok Utara Diciduk Polisi

release pembobol ATM Polres Lombok Utara di Polda NTB

Mataram – Dua kawanan pembobol ATM (Anjungan Tunai Mandiri) TKP di Lombok Utara berhasil diciduk pihak Kepolisian. Dua kawanan itu masing-masing berinisial HN (26) asal Dusun Blambangan, Desa Way Ronjong, Kecamatan Muara 2, Kabupaten Oku Selatan Provinsi Sumatera Selatan dan Fd (24) asal Dusun II, Desa Ujan Mas Lama, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Enim Sumatera Selatan.

Dipaparkan Kapolres Lombok Utara melalui Kasat Reskrim AKP Kadek Metria, S.Sos., SH., MH. kedua pelaku diamankan petugas, hari Sabtu (28/10) kemarin, sekitar pukul 19.30 Wita ketika mau mengambil kartu ATM di Bank BNI yang berlokasi di Dusun Lekok Desa Gondang Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara.

“Kedua tersangka ini sempat dikejar karena melarikan diri setelah ketahuan petugas dari ISS,” ungkap Kasat Reskrim AKP Kadek Metria, S.Sos., SH., MH, di Polda NTB, Senin (30/10).

Modus yang digunakan pelaku, dengan memberikan ganjal di mulut kartu mesin ATM menggunakan plastik mika kecil, sehingga membuat kartu tertahan sementara di dalam. Kemudian korban yang panik menghubungi nomor call center pada stiker ATM dan memberikan nomor pin kartu ATM.

Call center yang dihubungi korban lantas menghubungi dua pelaku yang berada di TKP untuk mencongkel paksa kartu yang tersangkut setelah korbannya tidak ada.

“Nomor call center mereka sengaja pasang, itu nomor palsu,” tandasnya.

Terhadap perbuatannya, kedua pelaku dijerat pihak Kepolisian dengan Pasal 28 ayat (1) jo Pasal 45 ayat (1) Undang-Undang RI No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang RI No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), ancaman hukuman enam tahun dan atau Pasal 363 ayat (1) ke-4 dan ke-5 KUHP dengan ancaman hukuman sembilan tahun. (yos)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close