“Ditlantas Ntb Menggelar Operasi Zebra Gatarain 2017”

Mataram – Direktorat lalu lintas Polda Ntb akan menggelar razia bersandikan ‘Operasi Zebra Gatarin 2017’ untuk menindak pelanggar lalu lintas. Operasi digelar selama dua pekan mulai Rabu 1 November 2017.

“Operasi kepolisian terpusat ‘Zebra Gatarain 2017’ segera digelar di wilayah hukum Polda Ntb mulai tanggal 1 November sampai dengan 14 November 2017,” kata Dirlantas Polda Ntb Kombespol Arman Achdiat,S.I.K., M.Si, Selasa (31/10/2017).

Operasi terpusat yang digelar secara serempak di seluruh Polda ini menyasar pengendara yang tidak taat hukum. Sasaran operasi mulai dari pengemudi motor, mobil pribadi hingga angkutan umum.

“Sasarannya dibantaranya penggunaan handphone pada saat berkendara, penggunaan rotator yang tidak pada peruntukannya, muatan berlebihan (overload, over capacity, dan over dimensi), kemudian Tanda Kendaraan Bermotor (TNKB) atau plat motor dan pelanggaran lainnya yang terlihat secara kasat mata,” jelasnya.

Dalam Operasi ini, pihak Kepolisian lebih banyak mengedepankan pola represif atau penilangan terhadap pelanggar. Operasi bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas.

“Kemudian untuk menurunkan angka fatalitas laka lantas, karena kecelakaan sering diawali dengan pelanggaran lalu lintas,” imbuhnya.

Dalam Operasi ini Polda Ntb menggerahkan 733 personel gabungan dari Polisi, TNI dan Dinas Perhubungan (Dishub). Pelaksanaan operasi di laksanakan secara stasioner dengan titik yang berubah-ubah.

Di himbau kepada masyarakat untuk mendukung operasi tersebut dengan cara tertib berlalu lintas dan mematuhi peraturan yang berlaku, serata melengkapi surat-surat dan kelangkapan saat berkendara.” Ujar Arman.(Alf/Lnts).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close