Polisi Sita Barang Bukti Merkuri Total Seberat 40,04 Ton

vicon

Mataram – Sesuai dengan Instruksi Presiden terkait pembentukan Satuan Tugas Penghapusan Merkuri, Pihak Kepolisian bersama instansi terkait saat ini berhasil menyita barang bukti total seberat 40.04 ton bahan kimia jenis merkuri.

Disampaikan Kabid Humas Polda NTB AKBP Dra.Tri Budi Pangastuti, M.M, total barang bukti tersebut merupakan rekapan jumlah yang terkumpul untuk seluruh indonesia.

“Selain merkuri, ada juga batuan sinabar yang berhasil disita dengan berat total 25,63 ton,” ungkap Kabid Humas Polda NTB AKBP Dra.Tri Budi Pangastuti, M.M, usai video converence dengan Asops Kapolri Irjen Pol. Muhammad Iriawan dan tim, di Hanggar Polda NTB, Senin (30/10).

Dalam urut perengkinan jumlah penanganan perkara sendiri, Polda NTB menempati urutan terbanyak nomor dua setelah Polda Maluku yang menangani ada 18 perkara terkait penggunaan merkuri.

“Urutan kita nomor dua yang menangani sebanyak 8 perkara,” tambahnya.

Menurut Kabid Humas, urut rangking itu bukan karena Polda NTB menjadi salah satu Polda yang dianggap zona rawan terhadap peredaran merkuri. Ada empat wilayah di Indonesia yang sudah dipetakan sebagai zona rawan peredaran merkuri, Maluku, Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur.

“Kita di NTB termasuk penggunaan merkuri di tambang emas rakyat indonesia  dengan 850 lokasi dan 60 kabupaten atau kota se-Indonesia. Kita akan terus berusaha mengungkap peredaran lainnya,” tandasnya. (yos)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close